Selasa, 02 Oktober 2012

LAMPU PENERANG RUANGAN RUMAH




Lampu penerang ruangan di rumah sangat dibutuhkan selain fungsinya sebagai penerang ruangan juga harus diperhatikan estetiknya.  Bahkan penerang  ruang haruslah hemat energi.

Tentu saja ruangan tamu, ruang keluarga, ruang kerja mendapatkan cukup cahaya sesuai dengan fungsinya bahkan ruang ruang dapur demikan juga kamar mandi,

Bentuk Lampu Penerang   :
1.    1.    Lampu Penerang Utama.
Lampu penerang utama  ini, dapat berupa lampu gantung atau lampu yang terletak di plafon ruangan.
Besar dan banyaknya lampu sesuaikan dengan luas ruangan. Misalnya ruang tamu yang besar diperlukan penerangan yang cukup besar dibandingkan dengan ruang tamu yang lebih kecil.
Demi menghemat enegi, Lampu penerang utama gunakan sewaktu diperlukan. Pada saat keluarga berkumpul, saat ada tamu atau saat makan.

Model Lampu Penerang , sesuaikan dengan bentuk kesatuan ruangan. Misalnya bentuk ruang keluarga atau ruang tamu bergaya minimalis, maka  kita pilih bentuknya yang minimalis juga. Bila ruangan bergaya klasik, disarankan lampu gantung kristal.

2.      2.  Lampu Penerang Tambahan.
Lampu Penerang  Tambahan gunakan lampu yang memiliki energi yang kecil. Agar menghemat energi, pada saat tidak ada tamu, waktu kita tidur, gunakan jenis lampu ini.

Lampu Penerang Tambahan  dapat berupa lampu duduk, lampu yang memiliki standar atau lampu yang menempel di dinding. 
Biasanya tertutup kap plastic atau kain yang berwarna.
Bentuk dan warna sesuaikan dengan tema ruangan.  Bila bergaya minimalis sesuaikan bentuk lampu tambahan ini.
Untuk jenis lampu ini gunakan tombol pengatur besarnya penerangan. Sehingga pada saat menggunakan lampu ini keredupan ruangan dapat diatur, ruanga tamu atau ruang keluarga akan tampak romantis.

Agar cahaya yang keluar dari sumber penerangan nyaman dipandang. Perhatikan bentuk penyebaran sinar yang keluar dari sumbernya.  Misalnya pancaran sinar yang keluar berbentuk segi tiga atau empat persegi panjang atau bergaris garis. Ini tergantung dari jenis kap yang menutupi sumber cahaya.

3.     3.   Lampu  emergensi.
Alangkah baiknya diruangan yang sering kita gunakan sediakan lampu emergensi. Sehingga pada saat aliran listrik ada gangguan. Penerangan ruang rumah masih dapat menggangtikan untuk sementara.


Dengan memperhatikan bentuk dan letak lampu, warna yang dipancarkan dari sumber cahaya ruangan ruamah yang kita tempati mem
berikan rasa nyaman bagi pemilik rumah atau yang mengunjungi rumah kita.

vertex island



Tidak ada komentar: