Jumat, 05 Oktober 2012

TIPS PENYEMBUHAN PASKA OPERASI KELOPAK MATA



LIPATAN KELOPAK MATA LEBIH CEPAT SEMBUH

Operasi kelopak mata membentuk lipatan ( double eye lid) adalah jenis operasi pada kelopak mata diharapkan penampilan yang lebih segar dan revitalisasi yang baik, mata tampak lebih besar.

Sayatan dibuat pada kelopak mata bagian atas untuk membentuk lipatan kelopak mata, terutama bagi kelompok etnis kontinetal, mata sipit  yang memiliki kelopak mata single eye lid.

Tak terelakan bedah kelopak matapun memiliki  resiko yang mungkin timbul.

Untuk menjamin keberhasilan operasi kelopak mata dengan menerapkan sembilan teknik berharga untuk penyembuhan yang efektif :

1.
Usahakan kepala dalam posisi diatas tubuh,  terutama ketika beristirahat. Untuk meminimalkan pembengkakan yang dapat mempercepat proses penyembuhan.  Gunakan bantal secukupnya untuk mendukung kepala sewaktu posisi tidur.

2.
Gunakan kompres dingin sekitar daerah mata untuk mengurangi pembengkakan. Ini membantu dalam mengurangi rasa sakit setelah anestesi mulai menghilang. Gunakan es yang dimasukkan ke dalam kantung plastic, jaga luka opeasi jangan terkena air.

3.
Hindari hal-hal yang menimbulkan stres, unsur-unsur yang dapat membuat mata lelah. Misalnya menonton TV,  olah raga, memakai lensa kontak atau make up sekitar mata.

4. Selalu menjaga
kebersihan sekitar luka operasi. Patuhi dengan cermat untuk menghindari infeksi bakteri dan kontaminasi. Gunakan kasa steril.

5. Gunakan kacamata khusus untuk melindungi mata dari kotoran dan noda lainnya.
Kacamata gelap efisien melindungi sinar yang menyilaukan.

6. Makan
an sehat mempelancar pemulihan luka. Gandakan konsumsi  vitamin C dan E, agar mendorong penyembuhan lebih cepat.

7.
Bubuhkan tetes mata untuk menjaga kelembaban mata, menghindari kecenderungan  timbul rasa  gatal setelah operasi kelopak mata.

8.
Bubuhkan  anti biotik tetes atau salep mata untuk menghindari infeksi  mikroorganisme.

9.
Dapatkan informasi yang benar mengenai waktu pemulihan luka operasi kelopak mata.  Paska operasi kelopak mata kemungkinan terjadinya pembengkakan dan tampak memar.  Sehingga pasien sering merasa terjadi perubahan wajah yang mencemaskan. Biasanya hasil operasi tampak setelah minggu keempat, pembengkakan menghilang.

vertex island

Tidak ada komentar: