Jumat, 05 Oktober 2012

KENALI TANDA DINI ANAK AUTIS

AGAR MEMEPERCEPAT PENANGANAN


Seiring kemajuan jaman, diagnosa dan terapi Autis pada anakpun berkembang. Namun orang tua anaklah yang harus segera mengetahui bahwa anak sejak lahir sudah dapat di deteksi scara dini.
Penyebab Autis masih belum dapat dipastikan.
Deteksi dini didapatkan dari beberapa tanda autis, mulai dari bayi lahir hingga anak berumur lima tahunan.
Deteksi dini Autis mengurangi beban mental dan mempercepat penanganan maupun penyembuhan anak autis.

Autis terjadi pada 1 dari 800 orang dan lebih banyak terjadi pada laki-laki.
Beberapa tanda autis aci diketahui sejak bayi.

Anak autis memiliki perkembangan otak yang tidak normal dan menghasilkan sikap tertutup, tidak mau berinteraksi dengan lingkungan dan mungkin menjengkelkan bagi sebagian orangtua karena sikapnya yang seakan-akan tidak menurut.

Berikut ini beberapa gejala autis yang dapat dideteksi mulai dari bayi hingga tahun kelima pertumbuhan anak:
1.  Baru lahir.
Bayi autis biasanya tidak bias merespons kehadiran orangtuanya. Tidak  tertarik untuk melakukan kontak mata dan cenderung tertarik dengan objek yang bergerak. Bayi autis  lebih banyak diam dan tidak menangis selama berjam-jam.
2. Tahun Pertama.

Anak Autis harus diwaspadai dan segera periksakan jika anak tak mencapai satu pun kemampuan umum, misalnya : anak dalam usia setahun mampu berdiri dengan bantuan orangtua, merangkak, mengucapkan sebuah kata sederhana, menggerakkan tangan, tepuk tangan atau gerak sederhana lainnya.
3. Tahun Kedua.

Gejala acifi terlihat lebih jelas jika anak tidak tertarik pada ibunya atau orang lain, jarang menatap atau tidak terjadi kontak mata, tidak menunjuk atau melihat pada objek yang diinginkan, tak dapat mengucapkan dua patah kata, kehilangan kata-kata yang sebelumnya ia kuasai, mengulang-ulang gerakan seperti menggoyangkan tangan atau mengayunkan tubuh ke depan-belakang, tidak suka bermain, sering berjalan berjinjit.

4. Tahun Ketiga - Kelima.

Gejala Autis sangat tertarik dengan suatu rutinitas, susunan atau keteraturan benda, sangat marah jika keteraturan atau susunan benda terganggu, terhadap suara keras yang sebenarnya tidak mengganggu anak lainnya dan terhadap sentuhan orang lain.

vertex island

Tidak ada komentar: