Senin, 22 Oktober 2012

MEMBERSIHKAN DAN MENGATUR RUANGAN DI RUMAH



Membersihkan dan mengatur ruangan di rumah sangatlah perlu agar seluruh anggauta keluarga merasa nyaman dan tentram menempatinya.

Tentulah kita menempati rumah  ingin menyesuaikan dengan fungsinya :

1.    Untuk istirahat dan berlindung.

2.    Bersosialisasi/ berkumpul sesama anggauta keluarga agar rumah menjadi tempat yang nyaman dan kerasan.

3.    Berkerja, misalnya mengerjakan pekerjaan rumah atau menulis sebagai hobi dll.

Untuk itu perlu adanya kerapihan,keteraturan,  kebersihan dan keindahan, walaupun rumah terisi dengan barang barang yang sederhana.  Sehingga keadaan rumah akan mencerminkan kepribadian si pemilik.

Yang sering menjadi masalah adalah :

1.    Kita menempati rumah yang cukup besar, walaupun ada pembantu, namun masih tampak tidak nyaman untuk tinggal di rumah.

2.    Rumah yang kita tempati tidak memiliki pembantu sehingga kita harus berkerja sendiri, sedangkan waktu yang tersedia terbatas untuk bebenah rumah.

3.    Rumah harus segera dibersihkan atau masih bisa ditunda. Misalnya rumah menjadi kotor karena atap bocor, keadaan ini harus segera diatasi.

Oleh karena itu, kita harus dapat memilah milah. Apakah  jenis perkerjaan yang bisa kita kerjakan atau oleh pembantu atau oleh pekerja yang khusus di bidangnya.

Beberapa tips membersihkan dan mengatur ruangan di rumah :

1.    Ciptakan budaya bersih di setiap anggauta keluarga.  Keadaan yang tidak sedap di ruangan harus segera diatasi, jangan berlarut larut dibiarkan.

2.    Bila kita hanya mempunyai  waktu yang terbatas untuk membersihkan dan mengatur ruangan di rumah pagi hari. Yang utaman dahulukan bebenah di ruang tidur, ruang dapur dan kamar mandi.  Ruangan ruangan tersebut bila sudah dikerjakan paling tidak rumah sudah tampak rapih.

3.    Kiata dapat mengerjakan  atau mengatur barang barang dirumah sambil lewat, misalnya meluruskan letak lukisan, menempatkan posisi kursi atau meja dengan baik, meluruskan letak buku pada rak dan lain lainnya.

4.    Ruangan akan tampak lebih rapih dan teratur bila tidak terlalu banyak barang,  terutama barang yang sudah tidak berguna.  Misalnya di ruang kamar mandi bekas sabun, shampoo, minyak wangi sering menumpuk dan banyak berada di rak. Mau dibuang sayang, apalagi isinya masih tertinggal sedangkan kemasannyapun tampak menarik.  Sebaiknya barang barang yang tidak berguna dibuang atau diberikan ke orang lain yang membutuhkannya.

5.    Susunlah barang barang rumah tangga kita agar enak dipandang menjadi satu kesatuan dlam warna atau tema ruangan yang kita gunakan.

6.    Sewaktu waktu adakan perubahan susunan perabot rumah tangga.  Sering kita temukan susunan alat rumah tangga  lebih nyaman dan mempermudah untuk membersihkannya.

7.    Siapkan tempat atau wadah untuk menyimpan barang barang yang belum sempat di simpan pada tempatnya.  Misalnya pada saat akan ada tamu akan datang ke rumah, alat penyimpan darurat ini dapat dipergunakan.

Dengan tips tersebut,  rumah kita akan terjaga kebersihannya, teratur, nyaman dan indah.

vertex island

Tidak ada komentar: