Sabtu, 13 Oktober 2012

ETIKA PEMAKAIAN SERBET MAKAN



Tata meja makan biasanya terdapat serbet makan.
Serbet Makan dapat berbentuk kain atau kertas. Dengan mengikuti aturan cara menggunakan serbet makan mencerminkan ukuran etika seseorang dalam pergaulan, agar tidak menyinggung tuan rumah atau orang lain semeja.

Beberapa aturan pemakaian serbet makan :

1.  Gunakan serbet makan yang telah tersedia di meja sebelum Anda makan.  Serbet jangan dibiarkan terletak di samping piring Anda. Itu diberikan kepada Anda untuk melindungi baju  Anda dari tumpahan, serbet ini  boleh untuk menyeka wajah Anda ketika Anda perlu. Membiarkan serbet di samping piring Anda menandai Anda sebagai orang yang sembrono.

2.  Jangan mendahului tuan rumah untuk mengambil dan membuka serbet makan sebelum Anda melakukan hal yang sama.

3.  Jika serbet makan  lebih besar dari pangkuan Anda, lipat sedemikian rupa sehingga hanya mencakup pangkuan Anda.

4.  Jangan gunakan serbet makan yang tersedia untuk mengoleskan kembali, seolah olah membersihkan sendok garpu atau piring. Tindakan ini sangat tidak terpuji menyinggung perasaan tuan rumah.

5.  Buatlah gerakan gerakan halus dalam membuka serbet makan. Demikian juga untuk proses selanjutnya dalam mengambil makanan yang disajikan. Misalnya Anda menyeka mulut, jangan gunakan serbet seperti membasuh mulut anak yang sedang blepotan, tetapi oleskan dengan tekanan lembut di mulut Anda.
 
6. . Jangan mengambil makanan yang disajikan sebelum Anda membuka serbet.

7.  Jika Anda harus meninggalkan meja sewaktu makan atau Anda selesai makan, tinggalkan serbet, dengan lipatan longgar di kursi atau di atas meja makan sebelah kiri piring Anda.

vertex island







 


Tidak ada komentar: