Rabu, 26 September 2012

POHON TREMBESI - SAMANEA SAMAN



Samanea saman sering disebut pohonn Trembesi (Rain tree), sedangkan di Jawa Barat dengan nama Ki Hujan.

Pohon ini merupakan pohon yang mempunyai banyak manfaat. Sebagai tanaman pelindung, pohon Trembesi dapat di daerah yang mempunyai curah hujan rendah. 

Pemanfaatan Rain Tree di Indonesia hanya digunakan sebagai pelindung jalan, dan hutan kota. Di beberapa kota di Indonesia Jakarta, Bandung, Bogor, Solo sejak jaman Belanda. Trembesi ini sebagai pelindung jalan bahkan sebagai penghias halaman istana Bogor.

Pemanfaatan Trembesi bisa lebih luas. Kayu nya bisa dikembangkan sebagai kayu industri atau komersial yang mempunyai tekstur kayu yang khas, lebih lembut dan kuat. Kayu Trembesi  dapat digunakan untuk furniture, bahan dasar kerajinan dan hiasan interior rumah.

Tanaman ini juga disebut Enterolobium, Pithecolobium dapat tumbuh mencapai tumbuh  60 m  di tempat terbuka dengan diameter kanopi lebih besar dari tingginya dapat mencapai 80 m. 

Di Malagays, Rain Tree tumbuh menjadi tanaman pelindung untuk kakao, kopi, patchouly dan vanila.
Di beberapa daerah akar Trembesi digunakan sebagai obat tradisional sebagai pencegah kanker. Sedangkan ekstrak daun Trembesi dapat menghambat pertumbuhan mikrobakterium Tuberculosis.

Perkembangbiakan Trembesi dapat dilakukan dengan beberapa cara :

1.Pencangkokan batan dahan.

2.Pembibitan menggunakan biji Trembesi cara :
-  pembibitan biji tanpa perlakuan.
-  pembibitan biji dengan perlakuan
untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan lebih cepat.  Biji Trembesi dipanaskan pada suhu tertentu sampai terntuk proses perkecambahan, kemudian perawatan ini dilakukan sampai Trembesi menjadi pohon yang lebih tinggi.


vertex island

Tidak ada komentar: