Rabu, 10 Juli 2013

PERSIAPAN OPERASI KATARAK

Keberhasilan operasi katarak, selain dari kesuksesan waktu operasi. Ditentukan juga oleh persiapan operasi yang dilakukan dengan baik.

Persiapan operasi katarak pada penderita meliputi :

1.  Keadaan umum, penyakit yang menyertai penderita.

Disarankan intuk dilakukan pemeriksaan oleh Dokter Penyakit Dalam atas persetujuannya penderita dapat dilakukan operasi dengan bius lokal. Sehingga operator mendapatkan informasi mengenai keadaan umum penderita sebelum melakukan tindakan.

Penderita yang tidak kooperatif, misalnya tuli, kelainan jiwa, katarak pada anak. Dipertimbangkan untuk dilakukan bius umum. Untuk itu persiapan operasi tentunya persiapan untuk dilakukan bius umum.

2.  Kelainan mata yang menyertai selain katarak.

Penderita dengan kelainan sistemik, misalnya Hipertensi, Diabetes Melitus dan lainnya.
Kelainan sistemik yang telah berlangsung lama menyebabkan kelainan syaraf mata - retina. Kelaianan yang timbul pada retina akan berdampak pada keberhasilan operasi. Kalainan retina yang tidak baik, keberhasilan operasi katarakpun akan buruk.

Penderita dengan kelainan glaukoma atau kelainan paska infeksi mata, perlu manajemen tersendiri  dilakukan oleh dokter mata. Pengobatan apa saja yang diperlukan sebagai persiapan operasi. dengan baik

Penderita dengan kelainan refraksi, Penderita Miopia tinggi, penderita menggunakan kaca mata tebal.
Operator akan mempersiapkan dengan tindakan khusus pada saat operasi katarak.


vertex island



Tidak ada komentar: