Rabu, 02 November 2011

MEMELIHARA KACA MATA

AGAR TETAP NYAMAN

Kaca mata perlu tetap dipakai dengan nyaman bagi pengguna yang setiap harinya dipakai. Agar nyaman dipakai tentunya kita harus memperhatikan keadaan unsur unsur yang terdapat pada kaca mata. Lensa kaca mata, frame kaca mata juga tempat/ wadah kaca mata.

Kaca mata :

1. Bersihkan kaca mata secara rutin dan hati hati.

2. Gunakan pembersih kain halus kering.

3. Membersihkan kotoran pada kaca mata agar dapat mencapai bagian terkecil dapat menggunakan alat pembersih ultra sonic, sehingga partikel partikel kecil yang menempel dapat rontok.

4. Kaca mata jangan di biasakan dibawa tidur. Misalnya membaca sambil tiduran, ternyata kebablasan tidur masih menggunakan kaca mata.

5. Periksalah bentuk kaca mata beserta baut bautnya pada persendian gagang kaca mata juga pada nouse pad.

Lensa kaca mata
:

1 Lensa kaca mata harus tetap jernih dan tanpa ada goresan.
Bersihkanlah lensa kaca mata dengan kain halus khusus untuk lensa kaca mata. Untuk menghilangkan dan membersihkan lensa dari debu atau materi yang kontak dengan lensa kaca mata.

2 Gunakan cairan khusus untuk membersihkan lensa. Pembersih ada yang berbentuk spray, gunakan secara rutin.

3 Lensa agar tidak mudah tergores benda keras lainnya, lakukan penyimpanan yang sebaik mungkin. Jangan meletakkan kaca mata tertelungkup, lensa kaca mata ditaruh bersentuhan dengan permukaan meja. Ini menyebabkan goresan goresan yang tidak disadari makin lama makin banyak. Sewaktu mengambil kaca mata, lensa bersentuhan, tergores dengan permukaan meja. Disarankan meletakkan kaca mata berdiri, diatas frame dan gagang kaca mata.

Tangkai kaca mata :

1. Bersihkan selalu setelah kita berkeringat. Keringat akan membasahi tangkai lensa. Terutama tangkai kaca mata yang terbuat dari logam. Logam akan bereaksi dengan keringat yang mengandung zat yang korosif.

2. Bila tangkai kaca mata menimbulkan alergi pada tubuh, gantilah bahan yang dipakai. Atau tangkai kaca mata dilapisi plastic yang tidak menimbulkan alergi.

Wadah Kaca mata:

1. Pilihlah wadah kaca mata ber betuk dua bagian yang dapat tertutup membuka dihubungkan dengan engsel. Waktu menyimpan kaca mata, dilindungi kain pembersih lebih dulu.

2. Jangan memilih wadah kaca mata berbentuk kantong. Pada pinggir kantong terdapat besi yang dapat menggores lensa kaca mata.

3. Taruhlah kaca mata pada wadahnya. Jangan meletakkan kaca mata di dalam tas tanpa wadah. Ini kan tergores oleh alat alat lainnya di dalam tas, misalnya pensil, buku, pulpen dan lain lain.


vertex island

Tidak ada komentar: