Rabu, 23 November 2011

CAT EYE, MATA KUCING PADA MANUSIA

BISA MENGANCAM JIWA PENDERITA

Cat eye bukan hanya istilah untuk jenis batu permata, tetapi istilah ini dipakai sebagai kelainan pada mata.

Cat eye, pada mata manusia tampak putih bening di bagian tengah mata, memang mirip mata kucing. Mudah dikenal karena berbeda dengan mata sebelahnya.

Penderita dengan kelainan Cat eye,disertai penglihatan terganggu, bahkan tidak melihat. Kelainan ini dapat merupakan kelainan bawaan, infeksi, degenerasi, atau tumor.

•Kelainan bawaan, pada anak, karena adanya katarak. Pada bagian tengah mata tampak putih. Dapat terjadi pada kedua mata atau satu mata. Bila pada bayi ditemukan katarak pada kedua mata, harus segera dilakukan operasi sedini mungkin agar penglihatan kelak dewasa seoptimal mungkin.

*Kelainan degenerasi, biasanya karena usia. Cat eye pada usia tua disebabkan oleh katarak.
Pada stadium tertentu katarak tampak sebagai mata kucing. Bila katarak yang sudah menganggu penglihatan dapat dilakukan operasi, sesuai dengan kebutuhan untuk mendapatkan penglihatan yang lebih baik.

*Kelainan infeksi, sering disebabkan kelainan pada vitreus ( badan kaca). Sebagai akibat uveitis. Penanganannya dengan pengobatan.

*Kelainan tumor. Cat eye sebagai akibat adanya tumor ganas Retinoblastoma. Biasanya timbul pada anak anak golongan ekonomi rendah. Cat eye pada anak, orang tuanya sering mengabaikan.

Pada pemeriksaan dokter spesilis mata, bila Cat eye ini sudah tampak tumor di dalam mata, biasanya dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk menentukan diagnosa tumor ganas Retinoblastoma.

Biasanya masyarakat kita, walaupun sudah di diagnosa tumor Retinoblastoma, biasanya mereka menolak untuk dilakukan operasi. Karena matanya masih belum ada penonjolan.

Mata hanya tampak seperti mata kucing. Padahal tumor jenis ini perkembangannya cepat sekali setelah di diagnosa Retinoblastoam. Dalam jangka waktu tiga bulan tumor bisa mencapai sebesar kepalan tangan dewasa.

Sedangkan pasien kembali lagi memeriksakan ke dokter setelah mata terjadi pembesaran.
Tumor ganas ini bila sudah terjadi pembesaran biasanya sudah terjadi penyebaran ke organ lainnya. Sehingga mengancam jiwa anak.

Oleh karena itu bila tampak Cat eye, harus segera ditangani.



vertex island

Tidak ada komentar: