Selasa, 26 Oktober 2010

MATA KANTUK ? KURANGI!



Semakin banyak kita memerlukan kurang tidur, mata dituntut untuk tetap segar karena banyaknya kesibukan yang harus diselesaikan. Ini menggoda kita untuk mencari kopi atau Nescafe ketika merasa mengantuk di tempat kerja.
Memang Kafein juga dapat mengurangi waktu tidur Anda, mengubah pola tidur, dan menurunkan kualitas tidur Anda
Tetapi untuk memerangi kantuk dengan mengkonsumsi kafein dapat menyebabkan ketidak nyamanan tubuh, misalnya timbul rasa berdebar, pening bahkan memungkinkan timbulnya hipertensi.

Nah, bagaimana Anda bisa tetap terjaga secara alami? Bisa mempertahankan mata tetap segar sehingga dapat bekerja atau menikmati kegiatan anda tanpa rasa kantuk.

Ada beberapa tips yang bisa dicoba :

1.Bangkit dan bergerak untuk merasakan tetap dalam keadaan terjaga/ bangun.

Orang-orang akan lebih bersemangat dengan makan makanan kecil, misalnya permen atau dengan berjalan-jalan di sekeliling ruang lima sampai sepuluh menit. Kegiatan berjalan 10 menit meningkatkan energi selama dua jam, sebab akan lebih melancarkan sirkulasi oksigen melalui pembuluh darah ke dalam otak dan otot.

Jika Anda sibuk bekerja di meja, bangun kemudian bangkit untuk berjalan sejenak. Waktu istirahat makan, berjalan ke restoran atau jika Anda membawa makan siang, ambil tempat yang bagus untuk memakannya atau juga anda berjalan-jalan di luar atau hanya di gedung tempat anda bekerja, itu akan membuat Anda merasa lebih segar.


2. Perhatikan cara tidur anda untuk menghindari rasa kantuk.

Ada dua hal yang perlu diingat tentang tidur:

a.Jangan mengambil jarak terlalu dekat dengan waktu tidur Anda. Hal terbaik untuk tidur siang sekitar enam atau tujuh jam sebelum tidur malam.

b.Tidur siang cukup lima sampai 25 menit,

Tidur siang pada waktu bekerja bisa sensitif, bisa terlanjur keenakan. Bablas... Jika perlu tidur di tempat kerja, lakukan saat istirahat dan gunakan jam alarm. Tidur di meja biasanya bukan ide yang baik, tetapi sekarang banyak perusahaan yang menyediakan kamar tidur siang bagi karyawan.

c.Jika Anda tidak bisa tidur siang, dapat terbantu melakukan istirahat dengan tenang, mata tertutup selama 10 menit atau lebih.

3.Istirahatkan mata anda untuk menhindari kelelahan.

Fiksasi mata terus menerus, posisi tubuh yang tidak ergonomis di depan layar komputer dapat menyebabkan kelelahan mata, mempermudah rasa kantuk. Berpaling dari layar selama beberapa menit secara berkala dapat mengurangi kelelahan mata Anda.

4. Cukupkan waktu tidur malam anda. Biasakan waktu bangun anda secara regular dengan menaruh niat pada saat sebelum tidur. Dengan menaruh niat rencana bangun jam stengah lima. Maka tubuh kita juga akan dengan sendirinya akan bangun setengah lima. Latih!

Semoga kita tidak menjadi insan yang mudah kantuk. Apalagi di usia senja.

vertex island

Tidak ada komentar: