Senin, 01 November 2010

MATA KUCING PADA ANAK

Mata kucing pada anak, harus menjadi perhatian bagi orang tua, karena kelainan ini fungsi penglihatan pasti telah mengalami kelainan.

Mata kucing “Cat Eye”, kelainan tampak sekali oleh orang tua anak, mudah dikatahui sejak lahir. Tampak bagian tengah mata (pupil mata) seperti mata kucing tampak jernih, tidak ada masanya.

Mata kucing harus segera di diagnosa apakah jenis kelainan yang sangat membahayakan jiwanya atau tidak. Mata kucing yang mengancam jiwa anak, salah satunya disebabkan tumor ganas pada mata. Ini perlu penanganan yang sangat segera.

Mata kucing dapat disebabkan oleh katarak,timbul sejak bayi atau timbul pada saat perkembangan anak.

Mata kucing dapat disebabkan kelainan peradangan di bagian badan kaca, biasanya disebabkan oleh infeksi.

Mata kucing dapat disebabkan tumor di dalam bola mata. Tumor ini dapat berbentuk tumor jinak dan tumor ganas.
Pada penderita dengan keadaaan ekonomi rendah sering dijumpai tumor ganas mata, disebut Retinoblastoma.
Retinoblastoma ini perkembangannya sangat cepat, besarnya dapat mencapai kepalan tangan orang dewasa. Bentuknya sangat menyeramkan. Bulatan konea mata terdorong keluar, mengering. Buta. Terdapat jaringan yang berproliferasi, jaringan yang mengerak karena sebagian telah menjadi jaringan yang sudah mati, berdarah, tampak mata menonjol seakan akan keluar.Bila keadaan sudah sangat menonjol biasanya pada pemeriksaan mikroskop sel sel anak sebar tumor ganas telah meluas ke luar bola mata : syaraf, otak, paru dan organ lain.

Pada keadaan stadium tersebut penderita biasanya sudah tidak layak dioperasi. Karena prognosa kehidupan anak buruk sekali. Dalam beberapa waktu jiwanya terancam.
Oleh karena itu diagnoasa dini pada cat eye harus dapat diketahui. Bila telah ditentukan tumor ganas secara dini harus dilakukan pembuangan bola mata, mata diangkat sehingga tidak memiliki bola mata lagi.

Yang sering menjadi kendala adalah pengertian dari orang tua, biasanya keluarga menolak untuk dibuang, seawktu mata masih tampak sebagai " cat eye" . Namun bila penderita telah mengalami penonjolan mata yang sangat besar. Baru timbul keluhan keluarga tersebut meminta untuk dilakukan operasi. Namun percuma karena tumor ganas tersebut biasanya sudah menyebar ke mana mana.

Selain itu gejala mata kucing merupakan “ cat eye syndrome : kelainan ini disebabkan kelainan bawaan, herediter karena kelainan trisomi. Kelainan pada gen nomor 22, mata penderita menonjol seperti kucing, iris tidak terbentuk sempurna, bahkan retinapun tidak terbentuk sempurna, terdapat kelainan perkembangan otak tampak retardasi mental dan kelainan hati.

Mata kucing indah, kalau memang pada kucing. Namun bila mata kucing tampak pada anak merupakan pertanda buruk pada mata anak maupun jiwanya.


vertex island

Tidak ada komentar: