Selasa, 24 Desember 2013

TIPS MENGGUNAKAN KACA MATA MURAH JALANAN



Di pinggiran jalan suatu kota di Indonesia, banyak penjual kaca mata yang dijajakan dengan murah. Diantaranya kaca mata baca bagi orang yang sudah berumur lebih dari 40 tahun.

Kaca mata murah ini bisa membantu bagi orang yang sering lupa karena kesibukannya. Kaca mata baca tertinggal, kaca mata lupa menaruhnya atau kaca mata mendadak pecah.  Sehingga dalam keadaan darurat dapat teratasi dengan membeli kaca mata baca murah.  Dapat pula membeli sebanyak yang kita butuhkan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya satu untuk di kantor, satu untuk di mobil , satu untuk di rumah dan sebagainya.

Bila kita bandingkan harganya, sangat mencolok dengan kaca mata yang dibuat di optik. Kaca mata murah hanya 15000 – 20000 rupiah saja, sedangkan dibuat di optik bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Kaca mata baca murah ini tidak semua orang dapat nyaman dipakai. Untuk itu ada beberapa kriteria bagi pemakai kaca mata untuk membaca.

1.  Ukuran kaca mata baca sesuai dengan umur pemakai kaca mata.   
    Umur 40 tahun   kaca  + 1.00 
    Umur 50 tahun   kaca  + 2.00
    Umur 60 tahun   kaca  + 3.00.   
    Selanjutnya lebih dari 60 tahun  kaca + 3.00
    Misalnya umur 52 tahun kaca nya + 2.25.

2.  Bila pemakai kaca mata mempunyai ukuran kaca mata jauh minus atau plus yang sama pada kedua mata. Maka ukuran kaca mat abaca adalah hasil penjumlahan ukuran kaca mata jauh dan ukuran kaca sesuai dengan umur.
    Misalnya : 
    Kaca mata jauh ke dua ukurannya  -1.00. Umurnya 69 tahun yang membutuhkan + 3.00. Maka pemakai  kaca mata harus membeli kaca mata +2.00.
    Bila kaca mata jauh ke dua ukurannya  +1.00. Umurnya 45  tahun yang membutuhkan + 1.50. Maka pemakai kaca mata harus membeli kaca mata +2.50.

3.  Bentuk muka tidak terlalu lebar atau terlalu kecil, karena muka lebar memliki jarak pupil mata yang tidak sesuai dengan jarak titik fokus lensa kaca mata. Beda jarak tersebut lebih dari 2 mm membuat tidak nyaman pemakai kaca mata.

4.  Kedua ukuran lensa baca pada kaca mata murah, besarnya sama. Oleh karena itu kaca mata ini tidak dapat digunakan bila mata pemakai memiliki ukuran yang tidak sama pada ke dua mata.

5.  Kaca mata ini tidak akan cocok pada penderita katarak yang sudah tebal.

 vertex island


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Patokan umur tidak tepat. Saya umur 34th tapi kalau baca sudah pakai kacamata +2.5