Selasa, 24 Desember 2013

TIPS MENCIPTAKAN RUANGAN RUMAH MINIMALIS



Sederhana, Efisien

Rumah minimalis memiliki karakter dan menyenangkan untuk kehidupan. Mudah  melihat sekeliling  ruangan dan melihat rumah bebas dari ruang  berantakan.  Ini membebaskan dan menenangkan  oramg yang berada di dalamnya..

Manfaat dari Rumah Minimalis

1.    Mengurangi ketegangan atau stress.  Membentuk suasana tenang.
Rumah minimalis menenangkan hati.
Gangguan visual akan terkurangi, tidak tampak banyaknya benda yang ada dan ketidak teraturan.
Di dalam rumah hanya terdapat beberapa perabot rumah yang indah , beberapa karya seni yang bagus , dan dekorasi cantik yang minimal.     

2.    Ruangan dan isinya  mudah dibersihkan.
Membersihkan sejumlah besar perabotan  akan lebih sulit untuk  menyapu atau vakum  dibandingkan dengan jumlah yang minimal.


Karakteristik rumah minimalis :

1.    Furnitur jumlahnya minimal.
Sebuah ruang minimalis hanya akan berisi beberapa furnitur  yang penting saja.  Misalnya ruang keluarga   hanya terisi sofa , kursi atau  kursi  kesayangan, meja makan, televisi , rak asesoris  minimalis.  Ruang  tidur terisi  tempat tidur sederhana , lemari, dan mungkin rak buku .
Dalam sebuah rumah minimalis , dinding ruangan yang bersih dengan  satu atau dua dekorasi  dapat berupa lukisan.  Tidak ada sejumlah pernak pernik , tanpa tumpukan buku atau barang-barang lainnya .
2.    Dekorasi sebagai aksen .  Dapat dipilih vas sederhana dengan beberapa bunga  atau meja yang hanya ditaruh foto keluarga .  Sebuah dinding kosong hanya terdapat  sebuah  karya seni dari seniman terkenal.
 Kualitas lebih ditonjolkan daripada kuantitas . Rumah  minimalis hanya akan memilih beberapa benda yang  benar-benar disayang dan sering digunakan.   
 Rumah bergaya tradisional Jepang  adalah sebagai contoh minimalis.


Cara menciptakan ruangan Rumah Minimalis :

Sebenarnya tidak ada langkah-langkah yang baku untuk memadukan  minimalis rumah Anda , dasarnya adalah  mengubah filosofi   dan menciptakan suasana yang sederhana nyaman.

Menciptakan rumah baru dengan gaya minimalais lebih mudah. Tetapi bila di suatu ruangan yang telah ada ingin merubah menjadi minimalis pada suatu waktu  perlu kesabaran untuk menyederhanakan seluruh rumah sekaligus.
Ini dapat dilakukan secara bertahap. Fokus pada satu kamar dahulu, dan  pusat ide dengan tenang untuk menyederhanakan kamar berikutnya dan selanjutnya.

1.    Mulailah dengan furnitur, karena di setiap ruangan terdapat  furnitur yang sebagian besar mengisi ruangan.
Semakin sedikit perabotan akan  lebih baik.  Usahakan furnitur yang dihilangkan tanpa mengorbankan kenyamanan dan fungsinya, furnitur tersebut benar-benar penting .  Ambil berapa buah  furnitur sederhana  dengan  warna tenang .

2.    Lantai bersih dan jelas hanya untuk  perabotan. Tidak ada barang di lantai yang menumpuk ,  tidak ada yang harus disimpan di lantai.

3.    Dinding dengan permukaan yang jelas dan warna yang sejuk alami kearah warna dasar abu abu.  Bersihkan dinding tanpa banyak asesoris kecuali satu atau dua buah karya seni yang bagus. Ruangan Anda  dengan  warna sejuk padukan dengan warna aksen, gunakan aksen dengan warna cerah , misalnya  merah , atau kuning untuk menarik mata dan memberikan  percikan energi ruang.
        Sebagian besar ruangan harus warna  halus, abu abu putih minimalis klasik , dipilih warna yang  benar-benar solid , tidak menimbulkan kelelahan pada mata. Memberikan kesan warna tanah, misalnya warna  cokelat, , hijau , biru warna alami.

4.    Agar barang-barang hilang dari pandangan, tetapi barang tersebut sangat diperlukan. Hal ini barang barang harus disimpan agar semua yang dibutuhkan tak terlihat, di laci dan lemari. Rak buku dapat digunakan untuk buku , DVD atau CD .

5.      Karya seni sederhana . Untuk menjaga ruang tidak membosankan, Tempatkan foto atau gambar sebuah lukisan sederhana ,  dibingkai dengan warna tenang, solid  pada setiap dinding. Tinggalkan beberapa dinding kosong jika memungkinkan . Dekorasi sederhana . Seperti disebutkan di atas , satu atau dua dekorasi sederhana dapat berfungsi sebagai aksen ruang minimalis . Sebuah vas bunga atau tanaman pot kecil adalah dua contoh klasik .

6.      Jendela  sederhana , tirai berwarna sederhana , tirai kayu yang solid. Terlalu banyak barang hiasan di sekitar jendela akan tampak kacau.

7.      Pola penutup lantai  datar dengan warna solid yang terbaik untuk furniture , tanpa  corak variasi bunga atau corak lainnya yang melelahkan mata.

Ruangan yang telah disederhanakan, tahap demi tahap, mungkin bisa berbuat lebih banyak dngan melihat segala sesuatu dengan mata segar . Apa yang bisa dihilangkan ? Disimpan dari pandangan ? Apa yang tidak penting ?  Mungkin dapat menemukan hal-hal yang dapat lebih sederhana.

Sebuah rumah minimalis , bertujuan sebagai  tempat logis, untuk membuat hal-hal yang lebih efisien penggunaannya ,  kuncinya adalah untuk menunjuk fungsi tempat .

Setelah ruangan disederhanakan  kita dapat duduk, santai , dan menikmati , luangkan waktu untuk melihat-lihat dan menikmatinya . Hal ini begitu damai dan memuaskan sebagai  imbalan atas usaha  keras .


vertex island

Tidak ada komentar: