Selasa, 31 Desember 2013

TIPS HIDUP SEDERHANA



Hidup sederhana untuk setiap orang memiliki arti yang berbeda dan nilai yang berbeda.
Arti sederhana disini adalah  menghilangkan atau menghindari kekacauan suatu kegiatan sehari hari untuk kenyamanan pribadi dan  dapat menghabiskan waktu Anda untuk melakukan apa yang menjadi kegiatan prioritas anda. Sehingga Anda dapat menghabiskan waktu dengan orang yang Anda cintai dan melakukan hal yang paling Anda sukai .

Untuk  mendapatkan kesederhanaan tidak selalu merupakan proses yang sederhana.
Ada dua langkah untuk hidup sederhana:

   1. Mengidentifikasi apa yang paling penting bagi Anda .
   2. Hilangkan segala sesuatu yang tidak berhubungan.






Caranya sebagai berikut :

 1.   Buatlah daftar  4-5 kegiatan Anda yang paling penting dan yang paling Anda hargai.  Lakukan penyederhanaan dimulai dengan prioritas-prioritas tersebut.  Anda akan memiliki lebih banyak ruang waktu untuk hal-hal tersebut.

     Membuat daftar Tugas Paling Penting setiap hari . Buat  hanya 3 hal yang sangat penting yang ingin Anda capai setiap hari . Jangan mulai dengan daftar panjang.. Sebuah daftar sederhana dari 3 hal akan mudah dicapai.

2.   Lakukan evaluasi waktu Anda . Bagaimana Anda menghabiskan hari Anda ? Membuat daftar , dan mengevaluasi apakah mereka sesuai dengan prioritas Anda . Hilangkan hal-hal yang tidak penting dan fokus pada apa yang penting .

3.   Menyederhanakan tugas-tugas kerja. Fokus pada tugas-tugas penting dan mencoba untuk menemukan cara untuk menghilangkan tugas-tugas lain, bisa dengan cara  mengotomatisasi, mendelegasikan atau menyewa bantuan  .

4.   Belajarlah untuk mengatakan tidak . Ini adalah salah satu kebiasaan penting bagi orang yang mencoba untuk menyederhanakan kehidupan mereka.

5.  Batasi komunikasi Anda : ponsel, Skype , Twitter, forum, dan banyak lagi. Hanya melakukan email pada waktu tertentu dalam sehari.

6.   Batasi konsumsi media Anda .  TV , radio , internet , majalah , dll - dapat mendominasi kehidupan kita . Jangan biarkan itu . Menyederhanakan hidup Anda dan konsumsi informasi Anda dengan membatasi itu .

7.   Bersihkan barang-barang Anda dari hal yang tidak atau jarang digunakan. Barang-barang tersebut dapat sumbangkan atau buang .

8.   Susun kamar Anda se simple mungkin, hilangkan benda 2 yang tidak perlu.

9.   Atur isi lemari dan laci .    Sederhanakan lemari pakaian Anda . dengan menyingkirkan apa pun yang Anda tidak benar-benar dipakai. Cobalah membuat lemari minimal dengan berfokus pada gaya sederhana dan warna solid beberapa bahwa semua cocok satu sama lain .

10.  Menyederhanakan kegiatan komputasi Anda . Sederhanakan dengan terlalu banyak file dan terlalu banyak disorganisasi, pertimbangkan komputasi online.

11.  Buat pernyataan kesederhanaan .   Batasi kebiasaan Anda membeli .  Hindari sifat materialisme dan konsumerisme ,

12.  Temukan cara mendapatkan waktu untuk hal-hal penting . Memotong pemborosan waktu dan membuat ruang untuk apa yang benar benar ingin Anda lakukan. Lakukan apa yang Anda cintai    Menghabiskan waktu dengan orang yang Anda cintai .

13.  Menikmati waktu sendirian .  Membebaskan waktu untuk diri sendiri - untuk menghabiskan dalam kesendirian

14.  Nikmati dan   Makan perlahan-lahan. Pelan-pelan untuk menurunkan berat badan , meningkatkan pencernaan dan lebih menikmati hidup .

15.  Mengemudi kendaraan perlahan-lahan tanpa terburuburu.. Mengemudi lambat akan terasa lebih aman dan  damai .

16.  Merampingkan hidup pada keadaaan fisik Anda.  Memotong dan memelihara tubuh dengan sederhana dan praktis. Misalnya rambut wanita potongan rambut pendek, akan lebih praktis dalam memelihara dan merawat rambut.

17.  Membuat rumah minimalis Anda . Rumah minimalis memiliki apa yang diperlukan , dan tidak merepotkan penghuni.

18.  Pertimbangkan mobil pribadi yang lebih kecil . mencoba untuk menemukan sekecil mobil yang dapat menampung Anda atau keluarga Anda nyaman .

19.  Buat menu makanan sederhana tetapi sehat bergizi. Tidak perlu untuk resep yang sulit, makanan dapat disajikan dalam 10-15 menitan .

20.  Mengurangi konsumsi iklan . Iklan membuat kita ingin hal-hal yang konsumtif.

21.  Olah raga rutin. Lari / jalan  pagi merupakan kegiatan untuk mempertahankan stamina tubuh yang baik.

22.   Memiliki tempat untuk khusus yang menenangkan. Tempat berdoa atau berkomunikasi dengan Tuhan , atau bermeditasi.

24. Cobalah hidup tanpa mobil. Berjalan, sepeda , atau mengambil transportasi umum . Hal ini mengurangi biaya dan memberikan Anda waktu untuk tenang berpikir mengurangi ketegangan.

25. Tumbuhkan kreatifitas untuk mengekspresikan diri . Menulis, melukis, menggambar, tari, renang dan lain lain. Ini membuat hidup Anda jauh lebih memuaskan. Buat kebiasaan menulis pagi . Anda menikmati menulis suasana damai.

26   Bertempat tinggal lebih dekat dengan tempat kerja . Ini  akan menyederhanakan hidup Anda, waktu tidak banyak tersita dalam perjalanan, mengurangi ongkos jalan, mengurangi resiko perjalanan.

27.   Sederhanakan kehidupan keuangan Anda .
 
Sederhanakan tujuan Anda . Hal in akan membuat Anda lebih sukses . Anda akan dapat fokus pada hal, Satu Tujuan dan memberikan semua energi Anda .

Buat kegiatan  tersebut secara rutin pagi dan sore . Sebuah cara yang bagus untuk menyederhanakan hidup Anda adalah untuk menciptakan rutinitas pada awal dan akhir hari Anda .
Tancapkan nilai kualitas, bukan kuantitas . Cobalah untuk tidak memiliki harta berlebihan dalam hidup Anda, miliki sedikit harta , tetapi orang-orang yang Anda benar-benar cintai dan yang akan berlangsung untuk waktu yang lama.


  " Kesederhanaan adalah puncak peradaban . " - Jessie Sampter

vertex island

   

Tidak ada komentar: