Selasa, 18 Juni 2013

TIPS MENJADI MANUSIA PROFESIONAL

Sudahkah anda oleh orang lain dipandang sebagai orang yang profesional dalam bidang pekerjaanmu? Baik sebagai pelaksana atau menjadi pemimpin, sering mendengar betapa pentingnya untuk bersikap "profesional" di tempat kerja.

Sebagai pimpinan pasti dituntut profesional, agar tujuan organisasi tercapai dalam menggerakkan team kerjanya. Misalnya sebagai direktur RS “ RAJA SEHAT INTERNASONAL “ pimpinannya yang tidak profesional. Selalu tidak menepati janji janji yang diucapkan terhadap karyawannya. Mengatakan satu hal kebijakan institusi, tetapi kenyataannya dilakukan sebaliknya.

Sedangkan sebagai karyawan walaupun sebagai bawahan yang paling rendahpun, akan dipandang sebagai karyawan yang  profesional untuk bekerja di bidang yang dikerjakannya. Misalnya sebagai petugas pembersih ruangan. Bekerja sebagai penyapu ruangan tetapi mendapat julukan sebagai penyapu profesional. Selain membersihkan ruangan dengan baik, juga mengatur menyusun benda sekelilingnya. Membersihkan dan merawat tanaman pot.  Melakukan pekerjaan dengan baik dan  tepat waktu secara konsisten. Tidak menghabiskan waktu bergosip di tempat kerja.

Karyawan yang profesional menciptakan reputasi positif untuk diri sendiri. Hal ini pada akhirnya dapat memungkinkan untuk kenaikan gaji dan promosi, kesempatan untuk bekerja yang lebih baik, tugas yang lebih tinggi, mendapatkan keuntungan peningkatan harga diri, martabat menjaga diri berharga untuk masa depan. Kecil kemungkinan  PHK saat perampingan, karena  Anda dianggap sebagai aset team dalam  melakukan hal penting secara profesional. Tak heran orang bekerja profesional lebih cepat menduduki jabatan yang lebih tinggi.

Bahkan anda yang bekerja sendiripun sebagai seorang profesional dinilai oleh masyarakat sebagai pengguna. Misalnya sebagai Dokter, Notaris, Akuntan dan sebagainya dituntut sebagi profesi yang kompeten, handal, memiliki integritas yang baik.

Tip menjadi manusia yang Profesional

1. Kompeten. Anda memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memungkinkan Anda untuk melakukan pekerjaan Anda dengan baik yang didapatkan dari pendidikan, pengalaman, bekerja lebih baik diabandingkan sebelumnya, kreatif, inovatif.

2. Handal. Menepati waktu penyelesaian  pekerjaan Anda. Pekerjaan dilaksanakan dengan benar dan baik sesuai yang direncanakan. Melaksanakan pekerjaan lebih cepat, lebih ringkas dan lebih lancar.

3. Kejujuran. Anda mengatakan kebenaran di bidang pekerjaan.  Menepati janji apa yang diucapkan

4. Integritas. Anda dikenal karena prinsip yang konsisten Anda.

5. Menghormati Orang Lain. Memperlakukan semua orang seolah-olah mereka adalah bagian penting bagi pendekatan team  Anda.

6. Peningkatan diri.  Tingkatkan keterampilan atau pengetahuan di bidangnya. Usahakan isu isu baru agar tidak ketinggalan jaman. Ketrampilan mengopersikan alat baru atau sistem pekerjaan baru.

7. Bertindak  Positif.  Memiliki sikap optimis dalam mengerjakan tugas dan berusaha menyelesaikan masalah tanpa rasa pesimis.

8.Mendukung team. Luangkan waktu untuk menunjukkan kepada orang lain bagaimana melakukan sesuatu dengan benar. Mendengar pengalaman orang lain yang dapat diaplikasikan.

9. Mendengarkan dengan perhatian. Mendengar masukan dari sekeliling, sehingga Anda memberi kesempatan orang untuk menjelaskan ide-ide mereka yang baik untuk kemajuan.

10. Kerja fokus. Tidak membiarkan kehidupan pribadi Anda bercabang pada hal lainnya, fokuskan pada pekerjaan Anda. Misalnya tidak timbulnya perselingkuhan dalam institusi.


Mudah mudahan dalam kehidupan anda bekerja lebih profesional. Tingkat profesionalisme seseorang dapat dimulai sampai ke tahap akhir

1.    Mulai dapat mengerjakan sesuatu dengan baik dan benar, sesuai dengan kriteria semua orangpun dapat melaksanakannya.

2.    Dapat mengejakan sesuatu secara professional hanya dibidang yang anda geluti. Misalnya menjadi seorang dokter Spesialis Bedah jantung.

3.    Mampu mengerjakan sesuatu secara professional, yang tidak dapat dikerjakan oleh orang lain. Hanya dapat dilakukan oleh anda sendiri.  Misalnya menjadi Dokter spesialis Bedah Jantung yang menangani Presiden.

Tentunya tingkat profesioanalisme yang lebh tinggi akan berdampak pada status anda.
Selamat bekerja. Bekerja yang professional!



vertex island

Tidak ada komentar: