Senin, 24 Juni 2013

TIPS MENGHEMAT PENGUNAAN ENERGI KOMPUTER




1.  Matikan monitor

Bila anda ingin meninggalkan PC dalam waktu lama, sebaiknya matikan monitor anda. Tindakan ini juga membantu keamanan pada listrik Anda. 

2.  Baterai Laptop

Waktu mengisi baterai laptop ( men charge ) disarankan sampai penuh. Jangan dilakukan mengisi batera setengah-setengah, beberapa kemudian  dilanjutkan kembali, ini akan menghabiskan banyak energi.  Disarankan bila bepergian, selalu baterai tambahan. 

3.  Atur pencahayaan dan kontras monitor

Tingkat pencahayaan dan kontras monitor yang terlalu tinggi akan menghabiskan banyak energi, Ini dapat dilakukan dengan mengatur  tombol yang berada di bawah monitor. 

4.  Port USB dalam keadaan kosong
 
Disarankan USB yang masih tertancap di port USB pada komputer baik PC atau Laptop harap dilepaskannya apabila sudah tidak digunakan, ini dapat menghabiskan tenaga pada PC atau laptop anda. 

5.  Non aktifkan asesoris lainnya

Asesoris yang dimaksud adalah speaker, modem eksternal, scanner, dan printer. Semuanya sangat menghabiskan banyak energi. Perhatian, jangan meninggalakan asesoris tersebut dalam keadaan menyala atau aktif dalam waktu yang lama. 

6.  Gunakanlah UPS

Atur peralatan dan konfigurasikan alat UPS sesuai dengan model dan kapasitas UPS yang digunakan. Iini dapat dilihat dari petunjuk alat UPS.

Kayaknya masih banyak cara, anda dapat menambahkan?

vertex island

Tidak ada komentar: