Rabu, 21 November 2012

MAKANAN KHAS BOGOR

Makanan khas Bogor yang diungkapkan di sini adalah makanan yang benar benar asli berasal dari kota Bogor, di kota manapun tidak dijumpai baik bentuk dan namanya..
Makanan khas ini ada yang sampai sekarang masih dikenal atau terkenal tetapi ada juga yang masih terdapat hanya di beberapa tempat saja.

1.    TOGE GORENG

Toge goreng merupakan makanan khas Bogor yang terkenal karena kenikmatannya yang menggunakan bumbu tauco.

Toge goreng merupakan makanan khas bogor, Komposisi yang umumnya terdiri dari : toge, mie kuning, tahu goreng dan ketupat. Disebut Toge goreng karena toge direbus ditempat
Toge direbus sebentar hingga layu kemudian ditaruh di atas daun pisang.
Setelah itu giliran mie kuning yang diletakkan di atas toge tadi. Kemudian taruh ketupat dipotong kecil kecil2. Terakhir tambahkan potongan tahu kuning.  Dan disiram bumbunya, tauco yang berkwalitas..
Rasa yang dihidangkan  manis, asin, gurih, dengan rasa tauco.

Toge goreng ini dapat dijumpai di depan swalayan Ngesti Baranangsiang, Toge Goreng di Jalan Sudirman samping Toko Kue Bogor Permai.

2.    DOCLANG

Makanan khas dari Bogor,  Doclang  makanan yang terdiri atasi campuran pesor, irisan tahu goreng, irisan kentang rebus goreng, telur rebus, bumbu kacang cair, kecap dan kerupuk atau emping tangkil. Makanan ini dapat dikatakan mirip kupat tahu, biasanya menggunakan kecap cap Zebra.

Doclang ini bias dijumpai di deretan tempat jajan di Jembatan merah

3.    DODONGKAL

Makanan khas dari Bogor berupa urab talas. Disertai rasa Manis dan gurih.
Bahan Dodongkal terbuat dari tepung beras yang kemudian  dicampur dengan parutan kelapa dan gula jawa.

Cita rasa dodongkal sangat khas karena bahan-bahan dan  alat memasaknya. Bahan-bahan itu dikukus mrnggunakan seeng ( dandang) sehingga hasilnya berbentuk kerucut. Makana ini disajikan agar dodongkal senantiasa hangat , karena tetap berada di dalam dandang .

Potongan dodongkal lau ditaburi kukusam  kelapa yang diserut kasar dan serutan gula aren. Tampilan makan khas Bogor ini dapat  dijumpai  di sekitar Jalan Suryakencana.
ada tempat namanya.

4.    CUNGKRING

Bentuk dan besarnya seperti sate, tetapi cungkring ini bukan daging tetapi kulit sapi dengan bumbu kacang berwarna kuning.


5.  ASINAN BOGOR


Namanya asinan Bogor, tetapi rasanya tidak asin seperti namanya, melainkan asam, manis. Sehingga menimbulkan rasa segar. Dimungkinkan nama asinan karena salah satu unsur makanannya adalah sawi asin.

Terdapat 3 jenis asinan yang biasa dijual di Bogor.

* Asinan Buah
asinan buah yang terdiri atas :nanas Bogor, salak, jambu air, ubi jalar, bengkuang, kedondong, pepaya setengah matang yang semuanya dipotong potong,

* Asinan Sayur
asinan sayur terdiri atas : sawi asin dan bawang kecil yang telah diasinkan, kol, ketimun, tauge, tahu kunimg, daun antanan, wortel yang semua nya .

*Asinan Campur
campuran dari asinan buah dan asinan sayur.
Masing-masing jenis asinan dimasukkan kuah berwarna merah yang terdiri atas rasa cabai merah, ebi yang disangrai dan dihaluskan, cuka, garam, gula pasir, air jeruk lemon, dan air.
Dengan banyak penjual asinan di Bogor, jangan lupa kalau ke kota Bogor dengan asinannya.Bogor dikenal kota asinan


vertex island

Tidak ada komentar: