Minggu, 18 November 2012

JALAN JALAN DI BUSAN, KOREA SELATAN


Sampai di kota Busan atau Pusan, KoreA Selatan tidak lah lengkap bila terlewatkan  mengunjungi Nampo-dong .dengan Pasar Gukje dan Pasar Jagalchi nya. Di sana merupakan tempat yang  sangat populer di kalangan kaum muda.


Ada 3 hal yang menarik di sana :

1.     Nampo-dong adalah tempat berlangsungnyai Pusan International Film Festival (PIFF). Di Nampodong, Jalan ini menjadi daya tarik wisata utama dan terdapat tampilan patung kuno, rel kereta api dan lampu lalu lintas. Tempat ini semakin populer bagi penggemar film.  Berlangsungnya  PIFF dan PIFF Street .  Bagian tengah jalan terdapat beberapa  handprint  perunggu dari bintang-bintang  film.

2.    Tempat , fashion  bermerk dan non-merek  yang terjangkau.

Toko-toko di Nampo-dong memamerkan fashion yang luar biasa . Pengunjung akan menemukan banyak pakaian dan asesoris  non merek, tas, dan sepatu , bahkan kios kios pinggir jalan. Sebagian besar produk fashion yang unik dan trendi ditampilkan. Mengetahui secara lengkap, mungkin diperlukan lebih dari  satu hari untuk melihat-lihat semua toko.

3.    Tempat  jajan  makanan jalanan ringan.
Warung pinggir jalan, merupakan pilihan pengunjung sambil berbelanja. Di mana mereka dapat mencoba aksesori atau topi sebelum mereka membelinya.  Disana juga pengunjung  dapat mencari anting-anting, kalung, jepit rambut, aksesoris ponsel dan lain lain.

Jalanan di  Nampo-dong penuh sesak orang-orang berlalu lalang sambil menikmati jajanan  pinggir jalan.
Sementara kaum remaja  bergerombol menikmati pancake goreng dengan tambalan gula merah.
Ini merupakan makanan jalanan yang populer di seluruh Korea. Jajanan lezat di Nampo-dong disebut Buchujeon yaitu hidangan pancake mirip dengan Pajeon Dongnae, menggunakan bawang  dan salad cumi-cumi pedas dilapisi dengan saos cuka cabai merah. Makanan tersebut  diisi  bahan-bahan sehat seperti bunga matahari atau biji labu.

Apa yang harus kukerjakan sewaktu teman teman  rombonganku berbelanja. Kuputuskan untuk berkeliling sepanjang jalan Nanpo dong.  Jalan penuh dengan pengunjung, terutama kaum muda.  Dengan pakaian Korean stylenya.

Kuhampiri pedagang asesoris wanita, dihamparan kios berbentuk gerobak menggelar  gelang anting,cincin dan lain lainnya.  Bukan karena ingin membeli, tetapi ingin berbincang dengan penjualnya.  Berwajah Korean banget, kulit yang bercahaya dan tembus. Wajah  putih bersih  dengan kulit transparan underlying kebiruan.  Hidung mencung disertai meningginya  di bagian pangkal hidung.  Rambut  lurus halus berwarna hitam kemerahan.

Dimulai dari menanyakan harga asesoris yang dijajakannya, dengan alasan aku mencari cincin perak bermotiv untuk anakku. Wanita penjual asesoris diperkiran berumur tidak lebih dari 25 tahun.  Aku berhasil mendapatkan informasi mengenai perawatan wajah , hidung yang telah dilakukan operasi plastik, sehingga terpenuhilah penampilan bergaya Korea.

Walaupun biaya operasi plastik disana termasuk tinggi,  tetapi masih mampu  dilakukan oleh penjual asesoris di kios jalanan.  Malahan di sana anak gadis bila berulang tahun minta sebagai hadiahnya adalah operasi plastik memancungkan hidung. Disini tampak bahwa remaja  selalu mengikuti mode  K-pop Style.
Di Indonesiapun, K-pop mania  melanda remaja kita . Bahkan telah melahirkan sejumlah gadis ceria dan boy band.

Seiring dengan demam  K-pop Style, gaya rambut dan perawatan kecantikan lainnya telah mendorong untuk ke  salon di Busan untuk  Korea Facial Treatment.

Ketika saya menyempatkan mengunjungi salon bergaya Korea,  tempatnya merupakan  ruang yang tidak begitu luas dengan lantai ubin keramik polos  dengan wallpaper warna warni bunga . Suasana unik pedesaan. Harum.

Pengunjung dapat mandi dahulu sebelum pengobatan dan segera dapat mengenakan pakaian khusus yang nyaman.

Sebuah tempat tidur perawatan sederhana  dengan diterangi oleh lampu redup. Di bawah cahaya lembut , segera dilakukan terapi ala Korea  menggabungkan totok, pijatan ringan dan perlakuan bahan-bahan alami berkualitas tinggi.

Dia mulai dengan membersihkan wajah dengan spons basah dan susu khusus . Kemudian menggunakan steamer wajah, mengeluarkan udara lembab meniup hangat di wajah.

Juga menerapkan scrub, pengelupasan untuk mengangkat sel sel mati. Lalu wajah dicuci  dengan sabun lunak herbal  dan dicuci dengan handuk hangat, sehingga kulit teras sangat segar , wajah lembut , mencerahkan kulit dan bersih.

Krim wajah harum bunga segar,  mengandung ginseng dan ekstrak herbal. Ginseng dikenal memiliki potensi  mengencangkan dan  meremajakan kulit. Seluruh  produk yang digunakan dalam perawatan dibuat di Korea Selatan.

Pijat dimulai dengan lembut, gerakan melingkar pada kulit dahi dan pipi, kemudian pindah ke hidung dan sekitar soket mata.  Rupanya untuk  mengurangi  penampilan mata yang lelah.
Kemudian memijat dagu dan pipi dengan gerakan ke atas, dipercaya agar dapat melepaskan kandungan lemak bawah kulit dan membuat  wajah lebih lengsing.

Teknik pijat limfatik merangsang kelenjar getah bening wajah untuk melepaskan lemak dan racun dari bawah kulit.

Selanjutnya mencuci wajah dengan handuk hangat,  kemudian menempatkan sebuah perangkat di wajah, merupakan  vakum yang membantu untuk membuka pori-pori dan menghilangkan komedo tanpa ekstraksi menyakitkan.
Krim masker wajah terdiri atas ramuan dari jicama yam Meksiko dan susu ,  dipercaya  mengencangkan  dan mencerahkan kulit.

Sambil menunggu masker kering, memijat kedua lengan dan kaki dengan minyak zaitun.
Setelah mencuci wajah, wajah ditutupi selembar kain kasa dan diatasnya ramuan kyuri tumbuk, atau mentimun Jepang, madu dan susu.  Ramuan harum yang sejuk dan menyenangkan.

Seluruh perlakuan membuat rasa segar dan diremajakan.  Ketika bercermin, wajah tampaknya  lebih ringan.

Namun  Facial Treatment Korea bukan merupakan solusi instan, tetapi menyangkut  disiplin, kebersihan wajah sebelum tidur, makan bergizi banyak sayuran hijau dan olahraga teratur, diharapkan  akan  dapat memiliki kulit bagai aktris Korea.

Kapan kapan jalan jalan lagi di Busan ah ...... di sana banyak machluk tuhan yang cantik cantik....

vertex island

1 komentar:

Punya.Tia mengatakan...

busan kan tempat lokasi syuting hello goodbye ya. emang menarik banget deh, kemaren lihat tuh infonya di FB Korea Tourism Organization Indonesia