Rabu, 28 November 2012

BEBERAPA ISTILAH DALAM TERAPI PENYINARAN


Panjang gelombang:

Panjang gelombang  dipakai sebagai satuan spektrum energi elektromagnetik.  Panjang gelombang didapatkan dengan jalan  mengukur  jarak antara satu gelombang dengan gelombang berikutnya. Foton energi tidak diukur dari  ketinggian gelombangnya tetapi jumlah gelombang foton. Spektrum energi elektromagnetik dengan panjang gelombang antara 380Nm dan 760Nm dapat dilhat dengan kesat mata.

Ultraviolet:

Ultraviolet adalah energi elektromagnetik dengan panjang gelombang lebih pendek dari 380Nm. Spektrum energi ini tidak terlihat oleh mata tetapi masih dapat disebut terapi penyinaran.
Sinar ultraviolet mampu merusak semua materi organik.

Infrared:

Panjang gelombang di atas 760 Nm, memiliki gelombang lebih kecil per detik dibandingkan panjang gelombang merah.  Sinar jenis ini mentransfer panas dan  telah digunakan di bidang medis sebagai sinar inframerah.

Kolimator :

Alat untuk memfokuskan semua foton pada arah yang sama.

LED
- Light Emitting Diode:

Jenis dioda yang dapat memancarkan cahaya mulai densitas daya dan bandwidth dari panjang gelombang. Semua laser semikonduktor menghasilkan cahaya dari dioda.

SLD -   Super Luminescent Diode  :

LED jenis khusus yang memiliki emisi lebih tinggi dari energi dari LED.

Dosis Farmakologi:

Dosis farmakologi terapi apapun adalah dosis yang diperlukan untuk menghasilkan efek yang diinginkan dan tidak membahayakan tubuh.

Nanometer (
Nm):

Satu Nanometer adalah satu permiliar meter. 10-9 meter atau 0,000000001 meter.  Nanometer unit pengukuran yang biasa digunakan untuk mengukur panjang gelombang energi yang biasa digunakan dalam terapi penyinaran.


Power Density (mW):  

Kepadatan Power. Ini  identik dengan Watts pada  listrik.

LASER
-  Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation;

Sinar laser yang bersifat koheren, memiliki panjang gelombang monokromatis, searah dan Polarized. Keempat karakteristik ini membedakan Laser debgan sumber cahaya LED & SLD.

Iradiasi Dosis (J/cm2):

Dosis Iradiasi didefinisikan sebagai produk dari densitas daya (mW),  dinyatakan dengan Joule energi per sentimeter persegi (J/cm2).

ID (J/cm2) = P (mW) X T (sec) / A (cm2 / detik)


vertex island

Tidak ada komentar: