Senin, 26 Juli 2010

TAWANG MANGU, AIR TERJUN GROJOGAN SEWU














Air Terjun Tawang Mangu, obyek wisata yang wajib dikunjungi bila datang di kota Solo.

Di Tawang Mangu selain mengunjungi air terjun Grojogan Sewu yang indah dapat beristirahat di vila vila yang banyak terdapat di sana, , dapat bertualang ke Gunung Lawu, dapat berwisata ziarah, wisata purbakala di Candi Sukuh, wisata kuliner di Pasar buah buahan dan sayur….

Air Terjun Tawang Mangu terletak 3266 mdpl hanya 42 kilometer dari kota Solo, di kecamatan Karang Anyar. Tingginya tebing 83 meter, menerjunkan air yang jernih dan sejuk sekali.
Sebaiknya perjalanan sekitar Air Terjun Tawang Mangu kita mulai berjalan dari Taman bagian bawah, berjalan melalui jalan taman. Dikelilingi pohon pohon hutan, diantaranya terdapat pohon beringin, karet hutan, Santigi,Puspa dan lain lain .. Kicau burungpun masih ter dengar menghiasi suasana hutan diantaranya terdapat burung Prenjak, Anis, Kerak, Juga tampak beberapa kera bergelantungan di pohon..















Sesampainya di air terjun terdapat gapura bertuliskan hurup Jawa “ Grojogan Sewu “
Disini kita dapat mengambil foto berlatar belakang Air Terjun Tawang Mangu.
Mendaki melalui tangga tembok yang di sisinya dilengkapi pipa besi untuk pegangan, kita dapat menyusuri dengan nyaman, di beberapa tangga pendakian tersedia tempat untuk istirahat mengendurkan otot kaki. Melalui tangga tersebut kita dapat mencapai pos penjualan tiket..

Di terminal ini terdapat beberapa warung makanan dan minuman hangat, Wedang ronde, Bakso. Tampak beberapa kera berkeliaran menghampiri pengunjung. Bila kita ingin berkeliling dapat menggunakan kuda sewaan sambil menikmati alam sekitar.

Hawa dingin sejuk dan segar terasa di Tawang Mangu, kita dapat menginap di vila vila yang disewakan atau hotel.. Dari halaman vila bila kita menengok ke arah Barat akan tampak pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Tawang Mangu terdapat pasar baru. Kita dapat membeli bermacam buah buahan dan sayuran. Jeruk Tawang Mangu terkenal akan manisnya sedangkan sayuran terjual dalam bentuk paket. Di pasar ini juga kita dapat membeli bahan minuman hangat jahe paket duabelas macam rempah.. Makanan dan minuman khas ini bisa dinikmati sambil mendendangkan lagunya Mus Mulyadi “ Air Terjun Tawang Mangu “

Empat kilometer dari Tawang Mangu terdapat Candi Sukuh, merupakan peninggalan jaman R Brawijaya waktu dalam pelarian. Di sini terdapat Lingga dan Yoni sebagai lambang kelamin laki laki dan perempuan.

Ke arah Gunung Lawu , menuju Cemoro Kandang, Hargo Dumilah, Hargo Dalem, Sendang Panguripan dan Sendang Drajat. Tempat tempat tersebut banyak dikunjungi terutama pada bulan Syuro. Dari Cemoro Sewu dapat melanjutkan perjalanan sampai ke Telaga Sawangan. Perjalanan ke Telaga Sawangan ini jalannya sangat terjal. Oleh karena itu, bila menggunakan kendaraan harus dalam keadaan prima.





Tidak ada komentar: