Rabu, 14 Juli 2010

BERTINDAK POSITIP ALA VERTEX ISLAND

Berfikir dan Bertindak positip adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan pada kepribadian seseorang.

Seseorang akan bertindak positif berdasarkan apa yang mula-mula tercetus dalam pikiran.
Tindakan positif secara tidak sadar lebih sering kita hindari dari pada tindakan negatif. Pengaruh ini bisa dari factor lingkungan, baik lingkungan kelompok atau keadaan sekelilingnya.

Bila kita hidup dalam kelompok yang rata rata berfikiran dan bertindak negatif, tidak jarang mengimbas ke dalam kepribadian kita. Demikian juga, lingkungan keadaan sekeliling yang tidak sesuai dengan keadaan fisik kita.

Walaupun demikian, bila dalam diri kita menginginkan perubahan agar dapat bertindak positif. Ini dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1. Niat kita untuk berubah. Meyakinkan perubahan dalam rutinitas diri kita sehari hari yang biasanya melakukan tindakan negatif.
Niat ini sangat penting, yakinkan dengan membentuk diri kita bertindak positif akan berdampak timbulnya kebahagiaan. Kebahagian akan tercapai melalui apa yang kita lakukan untuk dapat menikmatinya. Salah satu yang utama adalah bertindak positif.

2. Mulailah dengan tindakan yang sederhana. Sejak kita bangun, beraktifitaslah dengan bertindak posiitif.

Bangun tidur, tidak lupa sholat dilanjutkan jalan atau lari pagi.
Memberikan senyuman yang ikhlas tidak dibuat buat, menyapa teman yang kita kenal.
Memberikan pujian, semangat terhadap teman .
Menolong teman walaupun hanya secara moril.
Mendengarkan lewan bicara serta memberi tanggapan/ saran yang positif.
Mendapatkan teman yang lebih banyak.
Mendiskusikan keadaan/ situasi yang bersifat positif, memberikan manfaat.
Menciptakan suasana riang, gembira, semangat.


3. Ingat ingat tindakan yang sering menganggu kalbu dalam diri kita selama ini. Cepat kita atasi.

Timbul rasa iri terhadap teman. Apa yang membuat iri, apakah lebih kaya, lebih pandai, lebih cakep atau cantik ?
Rubahlah rasa iri hati, iri hati tidak menjadi pupuk perkembangan kepribadian kita, namun sebaliknya. Simpanlah rasa iri hati jauh jauh dari diri kita, justru galilah mengapa ia lebih kaya? Bertindaklah positif, ini akan memacu kita untuk memperbaiki mental agar dapat menyamai bahkan melebihi. Demikian juga hindari iri terhadap kekayaan atau kecantikan.

Rasa tidak dihargai dalam kelompok. Biasanya timbul sebagai akibat kita tidak pernah menghargai orang lain. Saling menghargai adalah suatu proses timbal balik. Kita tidak akan pernah dihargai oleh orang lain bila kita juga tidak pernah menghargai orang lain. Seoarang pemimpin tidak dihargai oleh anak buahnya karena perilakunya. Anak buah pasti ingin diperlakukan “ di uwongkan “.


4. Lakukanlah tindakan yang positif secara terus menerus sehingga kita terbentuk satu kepribadian yang selalu bertindak positif.

Bila dilakukan secara terus menerus, dengan sendirinya terbentuk pribadi yang positif. Bahkan dapat berdampak pada lingkungan dimana kita berada. Orangpun akan mengakuinya.

vertex island

Tidak ada komentar: