Rabu, 21 Juli 2010

KERA ULU WATU








Kera Ulu Watu segai penghuni hutan larangan tampak berpuluh puluh mengisi taman, berdekatan dengan pura Ulu Watu. Oleh masyarakat sekitar dipercaya bahwa kera kera ini sebagai penjaga kesucian pura.

Kera Ulu Watu termasuk monyet berekor panjang ( Macaca fascicularis).
Bulu tubuh Kera Ulu Watu berwarna abu abu, sedangkan di bagian dada dan perut berwarna putih.
Dari sejumlah kera,terdapat beberapa ekor yang lebih besar, demikian juga ada yang masih kecil digendong oleh sang induk. Mereka beraktivitas di pagar tembok berdua atau berkelompok

Pengunjung harus berhati hati terhadap beberapa kera yang nakal. Mereka dapat mengambil / merebut makanan atau asesoris tubuh yang menempel.
Pengunjung dapat melihat tingkah laku mereka dari dekat. Tingkat laku yang lucu.

Pengunjung sering memberikan makanan kecil : kacang atau roti dan sebagainya.
Namun bukan hanya ingin makanan atau lapar merekapun sering merasakan haus. Oleh karena itu, jangan lupa kitapun membawa satu atau dua botol air minum.

Lihat induk kera setelah mendapatkan sebotol plastik air minum, dengan sigap melubangi pantat botol untuk segera minum dan memberikan air minumnya untuk sang bayi yang masih digendong. Haus! Bahkan mengusap usapkan air ke kepala sang bayi. Gerah!........
Monyet juga seperti manusia……….

Kera Ulu Watu yang bertengger di tembok sering menjadi obyek foto yang menarik dengan mengambil gaya mereka di depan kamera. Kita dapat mengambil obyek kera dengan latar belakang tebing yang curam sampai ke permukaan laut, diujung tebing barat tampak pura yang dapat dimasukkan ke dalam obyek di latar belakang.

Ulu Watu terletak tidak jauh dari GWK- Garuda Wisnu Kencana dan Jembrana.
Mengunjungi Ulu Watu lebih baik sekitar jam setengah lima sore agar dapat melihat pemandangan sekitar Ulu Watu dan pemandangan tebing yang curam sampai ke laut lepas. Waktu tersebut cukup untuk menunggu sampai tiba sun set. Dengan cuaca yang baik akan melihat betapa indahnya sun set di Ulu Watu. Selain itu di bagian timur terdapat pertunjukan Tari Kecak, biasanya dimulai setiap sore jam enam..

vertex island

Tidak ada komentar: