Minggu, 04 Juli 2010

ANAK CERDAS, PERSIAPKAN SEJAK KEHAMILAN

Kelahiran bayi sejak dikandung tak luput dari penantian yang panjang selama kurang lebih sembilan bulan. Orang tua mana yang tak ingin memiliki anak yang cerdas dan pandai. Tentulah sangat didambakan.

Agar anak cerdas dan pandai, tidak saja mendapatkan informasi atau ketrampilan dalam perkembangan anak setelah kelahiran. Namun anak yang cerdas harus dipersiapkan sejak bayi masih di dalam kandungan.

Bayi dalam kandungan ibu harus mendapatkan,

1.Jumlah protein yang cukup dan berkwalitas selama kehamilan, terutama pada trimester terakhir kehamilan. Asupan protein pada trimester akhir kehamilan ini sangat perlu karena perkembangan otak manusia saat itu saat puncak membutuhkan substansi protein yang baik. Baik protein khewan atau nabati.

2.Perkembangan psikis anak, dimulai sejak bayi dalam kandungan. Oleh karena itu, persiapkan keadaan psikis sang ibu dengan baik. Hindari rasa takut, rasa cemas, semua fikiran atau perasaan yang negative. Buatlah suasana hati yang menyenangkan, sabar optimis, bergembira. Tak lupa berdoa agar segalanya mendapatkan kemudahan dan kelancaran.

3.Hindari terjadinya infeksi. Menghindar dari orang yang menderita penyakit menular. Tinggikan daya tahan tubuh.

4.Hindarilah dan berhenti merokok. Rokok merusak perkembangan syaraf bayi.

5.Perkembangan otak anak akan lebih baik bila sang ibu mendapatkan sensasi suara yang berirama. Rajin rajinlah mendengarkan musik yang dinamis, misalnya musik klasik.

6.Perkembangan otak anak juga akan lebih baik bila sang ibu mendapatkan impuls impuls yang merangsang otak, misalnya sang ibu mengerjakan berhitung, menjumlahkan angka angka, mengerjakan teka teki dan lain lainnya.

7.Sebaiknya hindari pemeriksaan rontgen yang menggunakan sinar X.

8.Demikian juga, hindari pemeriksaan USG. Pemeriksaan USG menggunakan gelombang ultra sonic. Gelombang suara dengan frekwensi tinggi akan menganggu perkembangan syaraf semasa janin.

9.Periksakan sang ibu ke Dokter Spesialis Kandungan secara teratur demi kelancaran sang bayi sampai lahir. Atasi penyakit yang menyertai selama kehamilan, misalnya hipertensi, diabetes dan lain lainnya.


vertex island

Tidak ada komentar: