Rabu, 07 Juli 2010

PERTAMBAHAN KETEBALAN KACA MATA YANG CEPAT DAPAT DIALIHKAN

Pertambahan ketebalan kaca mata disebabkan kelainan refraksi. Kelainan refraksi ini penderita mengeluh rabun dekat atau rabun jauh.

Pertambahan ketebalan kaca mata dalam waktu yang cepat, merupakan keluhan yang sering di sampaikan, baik penderita dewasa maupun anak. Pertambahan kaca mata menimbulkan ketidak nyamanan penglihatan dan bila pertembahan tersebut tidak dilakukan menyebabkan penglihatan tidak optimal : Pertambahan kaca mata akan menyebabkan ketidak nyamanan dalam penampilan, terutama kaca mata yang sangat tebal ; Demikian juga biaya tinggi yang perlu dikeluarkan, bila kaca mata sering berubah.

Pertambahan ketebalan kaca mata pada anak saat perkembangan, diperlukan pengertian yang sangat koperatif antara dokter dan orang tuanya.Agar kelak dewasa mencapai fungsi penglihatan yang terbaik.

Kelainan refraksi saat ini dapat ditangani dengan cara:
1.Kaca mata
2.Lensa kontak
3.Lasik
4.Operasi.

Yang sering dipertanyakan adalah : “ Dengan cara apa, agar pertambahan ketebalan kaca mata dapat dihentikan atau dikurangi?”


1.Kaca Mata tidak menghambat atau mengurangi kelainan refraksi.
2.Lensa Kontak terdapat beberapa jenis, yaitu : Lensa Kontak Soft,Semioft,Hard. Lensa kontak Soft, tidak menghambat atau mengurangi kelainan refraksi. Lensa Kontak Semi Soft dan Hard, dapat menghambat kelainan refraksi. Lensa Kontak jenis ini dapat menghambat karena dapat menahan bertambahnya panjang aksis bola mata. Lensa kontak dapat dipakai sejak usia dini bahkan sejak bayi.
3.Lasik, menggunakan sinar Laser. Dengan teknik operasi Laser, penderita yang tadinya menggunakan kaca mata dapat ditanggalkan. Lasik memiliki keterbatasan,tidak dapat menangani kelainan reftaksi lebih dari 12 Dioptri. Lasik dilakukan harus pada usia lebih dari 18 tahun. Biaya masih mahal, belum dapat terjangkau semua golongan masyarakat. Kita harapkan dengan teknik Laser yang lebih baru, semua golongan masyarakat dapat terjangkau.
4.Operasi kelainan refraksi dilakukan dengan :
a.Dipasang Lensa tanam ‘Lensa Intra okuler’ tanpa membuang lensa mata penderita.
b.Dipasang Lensa tanam ‘Lensa Intra okuler’ disertai membuang lensa mata penderita. Biasanya pada penderita katarak.

Dengan demikian, pada penderita dengan pertambahan ketebalan kaca mata dalam waktu yang cepat, dapat dialihkan dengan menggunakan Lensa kontak Semi Soft. Jenis lensa ini harganya terjangkau, aman, dapat digunakan pada anak usia dini, juga dapat digunakan pada kelainan refraksi lebih dari 12 Dioptri.


vertex island

Tidak ada komentar: