Senin, 24 Mei 2010

BUTA WARNA, ADA APA?

Sering kita mendengar istilah buta warna. Malahan menjadi salah satu syarat penerimaan mahasiswa atau karyawan suatu perusahaan. Apakah memang perlu dilakukan syarat syarat yang ketat untuk diterimanya sebagai mahasiswa atau karyawan.
Tentunya menjadi syarat mutlak bila ingin menjadi seorang militer, dokter, Ahli kimia, designer.

Di Indonesia memang belum ada pegangan ketentuan jurusan apa saja di suatu pendidikan atau perusahaan yang tidak memerlukan persyaratan buta warna. Misalnya pengarang apakah perlu persyaratan tersebut.

Buta warna adalah ketidak mampuan pengenalan gradasi pada spektrum warna tersebut misalnya gradasi warna hijau terhadap warna yang berdekatan, dengan warna biru. Jadi penderita buta warnapu dapat mengenal atau membedakan warna yang berseberangan. Ini disebut Warna Komplemen. Biru terhadap orange, Merah terhadap hijau, Kuning terhadap ungu. Berlawanan warna seperti hitam terhadap putih.
Seseorang dapat mengalami Buta warna hijau, biru Merah atau seluruhnya (Total).

Diketahui bahwa bintik kuning retina mengandung sel sel batang dan sel kerucut. Pada sel kerucut inilah yang berperan dalam pengenalan warna. Sehingga bila terjadi gangguan pada sel ini maka terjadi buta warna.

Keadaan buta warna disebabkan faktor keturunan atau di dapat.

Buta warna karena gangguan di dapat, penderita mengalami buta warna merah hijau yang biasanya disebabkan kelainan pada saraf optik ( N. II ). Sedangkan kelainan retina akn menimbulkan buta warna biru kuning.

Buta warna karena faktor keturunan, biasanya terdapat pada laki laki karena diturunkan secara X linked. Penderita mengalami kelainan bintik kuning ( Fovea centralis ) di retina.
Buta warna kongenital ini dapat mengalami anomali trichromacy ( buta warna merah,hijau, biru ).

Untuk mengetahui seseorang mengalami buta warna atau tidak, dapat diketahui dengan pemeriksaan :

1. Test Ishihara.
Test ini paling banyak digunakan untuk mendiagnosa gangguan buta warna kongenital.
( merah hijau )
2. Test Fransworth Panel.
Penderita diminta untuk menyusun panel warna menurut urutan.
Dengan pemeriksaan ini selain tipe gangguan penglihatan warna, dapat juga
diketahui berat ringannya buta warna.

Buta warna faktor keturunan atau di dapat tidak dapat diatasi dengan pengobatan atau operasi apapun. Namun dapat ditolong dengan salah satu jenis lensa kontak khusus untuk membedakan warna pada spektrum khusus.

vertex island

Tidak ada komentar: