Minggu, 03 Januari 2016

PERKEMBANGAN STEM CELL DALAM MENGOBATI BERBAGAI PENYAKIT

Dalam dunia kedokteran pengenalan tentang stem cell telah menunjukkan perkembangan yang luas dalam pengobatan dalam berbagai penyakit dan tindakan operatif yang semakin maju untuk menangani kelainan kelainan tubuh yang timbul. Kelainan tubuh yang disebabkan karena kelainan imunologi, kelainan sitemik, kelainan degenerative, trauma bahkan tumor.

Apa itu stem cell ?

Sebuah stem cell merupakan sel induk, pada dasarnya sel induk ini merupakan cikal bakal  yang akan merupakan sel yang akan membentuk jaringan sesuai dengan tempat dan fungsinya. Setiap sel mereplikasi dan akhirnya membedakan dengan sel lainnya. Berarti sel tidak hanya dapat berkembang biak,  namun dapat berubah menjadi berbagai jenis jaringan. Misalnya bermula dari stem cell menjadi sel otot jantung. Stem cel lainnya menjadi sel darah, sel hati, sel otot jantung, sel otot penggerak, sel syaraf dan berbagai sel tubuh lainnya.


PERKEMBANGAN STEM CELL DALAM MENGOBATI BERBAGAI PENYAKIT


Kebanyakan orang yang akrab atau pernah mendengar istilah  sel pada tahap embrionik yang belum terdeferensiasi denagn sebutan "sel induk embrio."  Ada berbagai jenis stem cell. Sel ini berubah menjadi bagian tubuh. Dengan mengambil sel dari embrio yang belum lahir atau yang tidak diinginkan, dalam penelitian penggunaannya untuk kelainan dalam dunia  kedokteran.

Sehingga beberapa perusahaan melakukan isolasi sel induk embrionik tertentu untuk penggunaan masa depan.

Yang sering adalah dilakukan isolasi sel-sel induk sumsum tulang. Dikenal sebagai "sel induk mesenchymal" karena mereka berasal dari bagian mesoderm tubuh. Stem cell ini dapat berdiferensiasi menjadi jaringan tulang, tulang rawan, dan memungkinkan semua elemen mesoderm lainnya, seperti lemak, jaringan ikat, pembuluh darah, otot dan jaringan saraf.
Stem cell Tulang dapat diekstraksi dan dibiakkan untuk memperbanyak jumlahnya, tetapi jumlah stem cell yang di dapat rendah.
Selain sumsum tulang, ternyata pada jaringan lemak sarat dengan sel induk mesenchymal. Bahkan, memiliki ratusan bahkan ribuan kali, stem cell dari lemak lebih banyak dibandingkan dengan sumsum tulang. Sekarang memiliki alat yang memungkinkan kita untuk memisahkan stem sel dari lemak. Keuntungan liannya lebih mudah didapat karena kebanyakan orang memiliki persediaan lemak yang memadai dan jumlah sel-sel induk yang begitu besar

Fokus baru pada mesenchymal stem sel dewasa non-embrio yang ditemukan pada orang sendiri darah, sumsum tulang, dan lemak. Kebanyakan pusat pengobatan sel induk di dunia sedang menggunakan sel induk yang berasal dari sumsum tulang.

Sekarang sebuah terobosan teknologi baru memungkinkan untuk menggunakan jaringan lemak sebagai stem cell berasal. Stem cell autologus dari lemak seseorang sendiri mudah untuk diambil dengan aman di bawah anestesi lokal dan berlimpah dalam jumlah hingga 2500 kali yang terlihat dalam sumsum tulang.

Keberhasilan klinis dan hasil yang menguntungkan tampaknya berhubungan langsung dengan kuantitas sel induk ditanamkan. Setelah ini stem cell diberikan kembali ke pasien, mereka memiliki potensi untuk memperbaiki jaringan manusia dengan membentuk sel-sel baru asal mesenchymal, seperti tulang rawan, tulang, ligamen, tendon, saraf, lemak, otot, pembuluh darah, dan organ internal tertentu. Kemampuan stem sel untuk membentuk tulang rawan dan tulang membuat mereka berpotensi sangat efektif dalam pengobatan kondisi ortopedi degeneratif. Kemampuan mereka untuk membentuk pembuluh darah baru dan otot polos membuat mereka berpotensi sangat berguna dalam pengobatan penyakit impotensi. Sel induk yang digunakan secara luas di Eropa dan Asia untuk mengobati kondisi ini.

Stem Sel (NonEmbryonic) Dewasa Mesenchymal adalah sel yang memiliki kemampuan untuk menggantikan sel-sel mati dan regenerasi jaringan yang rusak. Sel-sel khusus mencari daerah cedera, penyakit dan kehancuran di mana mereka mampu regenerasi sel-sel sehat dan memungkinkan proses penyembuhan alami seseorang. Seperti kita mendapatkan pemahaman yang lebih fungsi medis untuk membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri.
Banyak pusat-pusat internasional terkemuka telah menggunakan terapi stem cell untuk mengobati berbagai kondisi degeneratif kronis yang beragam seperti penyakit berat neurologis, gagal ginjal, disfungsi ereksi, masalah ortopedi degeneratif, dan bahkan jantung dan penyakit paru. Stem cell  dewasa tampaknya sangat efektif memperbaiki tulang rawan pada sendi .

Pengobatan regeneratif adalah proses menciptakan jaringan fungsional untuk memperbaiki atau mengganti jaringan atau fungsi organ yang hilang akibat kerusakan, atau cacat bawaan. Bidang ini memegang janji regenerasi jaringan yang rusak dan organ dalam tubuh dengan menstimulasi organ yang sebelumnya tidak dapat diperbaiki untuk menyembuhkan diri sendiri.
Secara tradisional,  telah digunakannya  berbagai obat dan hormon untuk membatasi berbagai penyakit dan membantu tubuh memperbaiki dirinya sendiri. Misalnya, terapi penggantian hormone dalam banyak kasus, menunjukkan kemampuan untuk lebih optimal membantu sistem kekebalan tubuh dan membantu memperbaiki jaringan yang sakit atau terluka.

Penelitian genetik merupakan perkembangan  yang maju  di mana kita akhirnya akan belajar dan memanfaatkan lebih banyak cara khusus untuk menangani cacat genetik yang menyebabkan penyakit degeneratif.
Terapi stem cell telah menjanjikan cukup dalam mengobati berbagai kondisi degeneratif. Sel induk berkomunikasi dengan jaringan dan satu sama lain melalui sistem yang kompleks protein molekul sinyal yang disebut sitokin atau "faktor pertumbuhan."

Bagaimana stem cell dewasa menyembuhkan?

Stem cell dewasa ini dikenal sebagai "nenek moyang" sel. Sel ini tetap hidup , tampak pada beberapa tingkat trauma jaringan. Bila kerusakan jaringan,  maka sel akan berubah menyesuaikan sel yang rusak. Orang yang memiliki masalah degeneratif, sel-sel induk cenderung untuk menuju ke daerah itu yang membutuhkan dan merangsang proses penyembuhan.

Penyakit dan masalah apa yang dapat diobati?

Ini tergantung pada jenis dan kondisi degeneratif yang dimiliki. Spesialis akan mengevaluasi dan mendiskusikan apakah pasien potensial untuk terapi sel induk, jika telah direkomendasikan untuk pengobatan, memiliki kesempatan untuk memahami potensi risiko dan manfaat, dan memutuskan bahwa pasien ingin menjalan pengobatan ini, meskipun itu adalah prosedur invasif minimal.

Misalnya, jika pasien memiliki masalah lutut, mungkin akan direkomendasikan untuk evaluasi sebagai terapi pengganti hormon atau program latihan yang telah dianggap optimal. Meskipun demikian,  percaya bahwa terapi stem cell menjadi dasar kemungkinan untuk pengobatan regeneratif.
Hal ini juga harus dicatat, bahwa semua perawatan saat ini dalam tahap penelitian. Sementara melalui terapi stem cell, setiap perlakuan adalah bagian dari investigasi yang sedang berlangsung untuk membangun parameter optimal pengobatan.,

Jaringan berbagai spesialisasi medis terus menunjukkan perkembangan dan bertambahnya para ahli dari berbagai bidang, termasuk urologi, bedah kosmetik, telinga, hidung, tenggorokan, kedokteran olahraga, mata, kedokteran fungsional, ortopedi, penyakit dalam dan kardiologi.

Setelah kandidat yang dipilih untuk pengobatan, bagaimana untuk mendapatkan sel induk seseorang?

Sel induk yang diambil dan digunakan dari pasien menjalani jenis liposuction invasif minimal oleh seorang ahli bedah di fasilitas perawatan khusus. Prosedur ini umumnya berlangsung beberapa menit dan dapat dilakukan di bawah anestesi lokal. Jaringan lemak yang diambil berisi sel-sel induk mesenchymal dan faktor pertumbuhan, kemudian diolah dari 2 ons lemak menggunakan sistem steril tertutup untuk menghindari kontak dengan lingkungan. Siap dilakukan penyebaran, diinjeksikan pada pasien dalam waktu 90 menit atau kurang.

Penggunaan sedot lemak lebih banyak daripada sumsum tulang sebagai sumber stem cell.

Prosedur sumsum tulang agak tidak nyaman, menghasilkan sekitar 5.000 - 60.000 sel-sel yang kemudian dibiakkan selama beberapa hari untuk mungkin beberapa juta sel sebelum injeksi ke pasien. Kemajuan terbaru dalam ilmu stem cell telah memungkinkan untuk mendapatkan jumlah yang tinggi dengan  kualitas yang sangat baik, berbagi keampuhan, mampu membentuk berbagai jaringan lain dari sel lemak liposuction pasien itu sendiri.  Teknologi yang diperoleh untuk memproses lemak ini menghasilkan sekitar 500.000-1.000.000 stem cell per cc lemak,  oleh karena itu, memungkinkan untuk mendapatkan sebanyak 10-40000000 sel dari pengobatan tunggal. Stem cell ini dapat membentuk berbagai jenis sel ketika digunakan dengan benar termasuk tulang, tulang rawan, tendon (jaringan ikat), otot, pembuluh darah, jaringan saraf dan lain-lain.

Keberhasilan terapi lebih banyak diambil dari jarinangan pasien sendiri. Sel autologous seseorang yang digunakan. Ini diambil dari masing-masing individu dan diinjeksikan/sebarkan kembali/ reinsersi ke dalam tubuh pasien sendiri. Tidak ada resiko kontaminasi atau risiko pengenalan DNA lainnya dalam perawatan.

Berapa fasilitas stem cell di seluruh dunia membutuhkan waktu sampai beberapa minggu sebelum sampai reinsersi ke pasien.

Fasilitas ini masih memperoleh stem cell dari sumsum tulang atau darah dalam jumlah yang relatif kecil dan mereka kemudian kultur (tumbuh) sel-sel untuk membuat jumlah yang memadai dalam waktu yang lebih lama. Sedangkan menggunakan teknologi yang mengisolasi sel-sel induk dari jaringan lemak dalam jumlah besar dalam rentang waktu singkat sehingga tidak perlu kultur lama dan sel-sel dapat digunakan ke pasien dalam waktu 90 menit dari pengambilan.

Dapatkah stem cell mengobati kanker?

Stem cell telah memainkan peran penting dalam terapi kanker selama lima dekade. Stem cell hematopoetic (mirip dengan sel-sel induk mesenchymal dan juga ditemukan dalam fraksi vaskular stroma) telah digunakan untuk memulihkan sumsum tulang pasien kanker. Hal ini dikenal sebagai "transplantasi stem cell " dan berhubungan dengan risiko yang signifikan untuk pasien kanker.
Tentu saja hal ini berbeda dari terapi regeneratif menggunakan stem cell untuk mengganti atau memperbaiki jaringan yang rusak. Karena itu, kemajuan baru dalam terapi kanker adalah mengeksploitasi properti stem cell yang dikenal sebagai "tropisme" yang merupakan kemampuan stem cell untuk menargetkan tumor. Properti ini telah digunakan untuk menuju lokasi agen kanker untuk membunuh jauh ke dalam kanker, di mana sistem kekebalan tubuh tidak dapat selalu beroperasi secara efektif.

Dapatkah stem cell  menyebabkan kanker?

Stem cell mesenchymal dewasa tidak diketahui menyebabkan kanker. Beberapa pasien telah mendengar cerita bahwa kanker yang disebabkan oleh sel-sel induk, tetapi ini mungkin terkait dengan penggunaan sel embrio (Bukan stem cell Mesenchymal Dewasa ). Diketahui bahwa tumor embrio yang dikenal sebagai teratoma adalah kejadian langka tapi mungkin ketika sel-sel embrio yang digunakan.

Terapi stem cell dianggap aman dan tidak mempengaruhi kanker aktif. Jika seseorang memiliki kanker yang sedang dirawat dan menunggu keberhasilannya, tidak ada alasan untuk menahan penyebaran stem cell. Dalam kebanyakan kasus stem cell  tidak boleh digunakan pada pasien dengan kanker aktif.

Apakah ada laporan dari stem cell berasal mesenchymal dewasa autologus merugikan setiap manusia .

Belum diketahui ada kasus yang didokumentasikan secara pribadi atau dalam literatur yang menimbulkanbahaya serius. Badan Internasional yang menangani Stem Cell memiliki lebih dari 1.000 kasus yang terdaftar dan hanya 2% dari perawatan dikaitkan dengan komplikasi, tidak ada yang dianggap "efek samping serius."

Apakah ada substansi biologis ditambahkan ke stem cell seperti obat atau campuran yang mengandung Plasma Enriched Trombosit?

Kami panen sel adiposa berasal induk dan teknik isolasi hasil yang sangat tingginya jumlah sel-sel induk. Dalam mengkaji data hasil, jumlah sel pengobatan tampaknya berkorelasi dengan keberhasilan pengobatan. Sel-sel benar-benar dalam jenis "sup" yang disebut stroma Vascular Fraksi SVF yang sel berisikan campuran banyak faktor pertumbuhan alami Beberapa jenis penyakit ortopedi dan urologi,  untuk merespon lebih baik faktor pertumbuhan dibuat dengan pemberian trombosit Kaya Plasma. Autologus trombosit Kaya Plasma berasal dari darah sendiri pasien ditarik pada saat reinsersi. Pada perlakuan reinsersi tidak menambahkan zat asing atau obat pada stem cell .

Tergantung pada jenis pengobatan yang diperlukan, stem cell dapat disuntikkan melalui pembuluh darah, arteri, ke dalam cairan tulang belakang, subkutan, atau langsung ke sendi atau organ. Semua ini dianggap metode invasif minimal . Stem cell disuntikkan intravena dikenal "mencari dan menemukan" daerah kerusakan jaringan dan bermigrasi ke lokasi tersebut sehingga berpotensi memberikan penyembuhan regeneratif. Sel induk intravena disuntikkan telah terbukti memiliki kemampuan melintasi barier "penghalang darah-otak" untuk memasuki sistem saraf pusat dan mereka dapat diidentifikasi dalam tubuh berbulan-bulan setelah reinsersi.
Jika pasien memilih untuk pengobatan, maka akan dijelaskan bahwa kita percaya terapi sel induk mungkin bermanfaat atau dalam beberapa kasus yang kita tidak yakin dan pengobatan akan dianggap diteliti

Lama waktu yang diperlukan untuk melihat perbaikan.

Terapi sel induk bergantung pada penyembuhan regeneratif tubuh sendiri terjadi. Proses regeneratif memakan waktu, terutama dengan pasien ortopedi, yang mungkin tidak melihat hasil selama beberapa bulan. Dalam beberapa penyakit, respon lebih cepat adalah mungkin.

Perikecualian untuk pengobatan ini :
Pasien memiliki infeksi aktif di manapun.
Pasein dengan kanker yang tidak terkendali.
Pasien dengan gangguan perdarahan atau yang mendapat obat pengencer darah.
Keparahan pasien sakit mungkin memerlukan pertimbangan khusus.

Keterbatasan pada saat ini, cara ini  tidak diperlakukan pada autisme, cedera tulang belakang, dan beberapa penyakit istimewa.
Banyaknya suntikan yang dibutuhkan untuk keberhasilan.
Kebanyakan, pasien dengan kondisi ortopedi, hanya membutuhkan satu kali injeksi. Beberapa jenis kondisi degeneratif, penyakit terutama auto-imun, yang terbaik adalah dilakukan serangkaian reinsersi stem cell..

Siapa tahu dengan adanya perkembangan teknogi stem cell, yang mana stem cell mampu mengganti jaringan sel yang mengalami degenerasi. orang akan tetap muda. Umur bisa lebih panjang......
semua orang kok inngin umur panjang tetapi tidak mau tua.......


vertex island




.

Tidak ada komentar: