Kamis, 17 Desember 2015

BECAK BEIJING DAN HUTONG. MENONJOLKAN BANGUNAN DAN KENDARAAN TRADISIONAL CHINA

Jalan jalan ke Beijingkah?

Di Beijingpun ada pepatah yang mengatakan “ percuma ke Beijing tanpa memasuki hutong". Hutong atau gang di Beijing menyebar di seluruh kota bagai jaringan pembuluh darah merupakan salah satu ciri khas bangunan kota Beijing. Untuk merasakan budaya bersejarah lama dan napas kehidupan Beijing, wisatawan harus melanglang hutong di kota lama Beijing.

Kota tua Beijing Lama diatas lahan seluas enam puluhan kilometer persegi, memiliki sejumlah peninggalan sejarah, yang menunjukkan kebesaran China sebagai sebuah bangsa dengan jalan menonjolkan bangunan serta kendaraan tradisionalnya.

Pemerintah China, berhasil memperbaiki lingkungan dan gaya hidup masyarakat yang ada distrik Kota tua Beijing Lama.

Mereka berhasil memulihkan dan memperbaiki sejumlah Hutong sebagi sebutan untuk gang atau lorong. Siheyuan sebagai sebutan untuk rumah tradisional yang berciri khas cina yang menjadikannya sangat layak untuk dihuni.

Sehingga tampak pemerintah berhasil melestarikan dengan baik kota Beijing Lama, sebuah kota yang memiliki sejarah panjang sekaligus tetap mengedepankan unsur modern dalam perancangan kota Beijing secara keseluruhan.

Dikatakan bahwa Hutong di Beijing merupakan suatu seni. Setelah mengalami masa ratusan tahun, hutong seperti seorang lanjut usia yang kenyang asam garam, mukanya penuh keriput, memiliki ciri yang khas, mengandung rasa ruang dan waktu. Hutong yang paling patut dikunjungi di pusat Beijing adalah yang terletak di dekat Danau Shichahai, terdiri dari tiga danau yakni danau-danau Qianhai, Houhai dan Xihai. Hutong menjadi ikon kota Beijing, dengan desain yang unik.

Panjang lebar hutong bervariasi, ada lebar hutong yang hanya berukuran setengah meter, bahkan hanya dapat dilewati oleh satu orang saja.

Hutong yang terkenal terletak di dekat Istana Terlarang dan Lapangan Tiananmen., dapat dicapai hanya dengan  berjalan kaki. Wisatawan dapat  mengelilingi jalanan kecil yang berlika-liku tersebut menggunakan becak keliling Hutong.

BECAK BEIJING DAN HUTONG. MENONJOLKAN BANGINANA DAN KENDARAAN TRADISIONAL CHINA

 "wisata hutong". Wisatawan diajak keliling hutong dengan menumpang becak, bertamu di rumah penduduk hutong, menikmati hidangan teh yang segar dan mendengarkan cerita tentang Beijing di zaman dulu untuk merasakan sendiri kehidupan mereka.

Dalam perjalanan wisata naik becak: Begitu sampai lokasi terlihat berderet rapih puluhan becak unik yang sangat menarik, Para penarik becak ini berjajar sepanjang hari, memerka seragam menggunakan baju yang khas cina berwarna hitam hitam. Becak memiliki warna kuning di bagian atapnya, dan merah pada tempat duduk penumpang., wisatawan naik becak ini untuk berkeliling mengelilingi gang-gang sempit di sana. Abang becak berada di depan penumpang, jarak antara penarik becak dengan penumpang agak jauh, sehingga bentuk becak terkesan agak panjang.

Menumpang becak menlalui hutong hutong ini, setiap pengemudi tampaknya memperlihatkan ketrampilannya. Ngebuut… becak ngebut. Di hutong yang lebar jalannya yang tampak begitu sempit, becak becak ini berusaha berjalan cepat, sambil membunyikan krining krining bel becak.

Ada Hutong yang hanya dapat dilewati oleh sebuah becak, lalu bagaimana jika berpapasan dengan orang lain? Disinilah lucunya, jika berpapasan dengan becak lain, maka harus ada salah satu yang mengalah. Yang aneh lagi jika ada pengguna becak yang berpapasan, maka salah satu becak harus berjalan mundur!  Bila jalan jalan di salah satu Hutong yang hanya dapat dilewati oleh seorang saja, maka tindakan terbaik adalah memalingkan badan anda kesamping, sehingga dapat melewati satu sama lain.

Di pertengan wisata becak ini,  abang becak menghentikan dan memarkirkan kendaraannya di tepi danau.
Si abang bisa beristirahat sejenak sedangkan kita dapat menikmati pemandangan sekitar danau. Sedangkan jalan sekeliling danau tampak bangunan bangunan khas Cina.
Nah foto yang diambil dengan latar belakang lokasi ini. Wooow keren keren… Bisa selfi juga... langsung langsung apdet...!

Sepanjang perjalanan menyusuri hutong, kita dapat melihat rumah rumah penduduk yang kecil kecil, namun semuanya sudah merupakan bangunan permanen dengan arstektur yang khas pula.
Berkeliling di hutong merupakan perjalanan wisata yang memiliki kenangan dan pengalaman tersendiri.
Becak dan hutong Beijing………..

vertex island

Tidak ada komentar: