Senin, 28 Juli 2014

TIPS : DAGING KAMBING AGAR TIDAK BERBAU PRENGUS SAAT DIOLAH MENJADI MASAKAN YANG NIKMAT


Ynag utama adalah daging kambing tidak berbau prengus bila diolah sebagai menu masakan.

Menu masakan menggunakan daging kambing sangat digemari karena rasa yang khas dan dipercaya sebagai penguat stamina bahkan dipercaya sebagai penguat libido. Hmmm mungkin tercermin dari sifat kambing yang libidonya selalu tinggi. Tahu dari mana?


 DAGING KAMBING AGAR TIDAK BERBAU PRENGUS SAAT DIOLAH MENJADI MASAKAN YANG NIKMAT



Menu masakan daging kambing, di Indonesia ini mudah di dapat baik di perkotaan maupun di pedesaan. Apakah berupa kambing atau domba. Dan biasanya di pasaran baik itu kambing atau domba tetap disebut kambing. Sangat jarang di pasaran dijumpai penjual daging domba. Sangat jarang bahkan saya menemukan penjual menuliskan " Jual sate domba", uang banyak adalah penjual sate kambing.

Yang hobi makan daging kambing selain membeli, kalau memotong kambing sendiri, bagaimana sih daging kambing agar  tidak bau prengus sebagai bahan olahan untuk di masak.

Menu masakan daging kambing sering dijumpai pada saat lebaran haji atau lebaran iedul fitri atau kita sedang kumpul kumpul bersama grup, reuni mengadakan acara bakar kambing guling.

Kebanyakan untuk persiapan makanan misalnya untuk lebaran biasanya tak lepas dari ketupat, opor ayam, kue kering keju atau nastar. Selain itu dapat menghidangkan gulai, sate atau kornet  daging kambing.
Daging kambing yang akan diolah, biasanya timbul rasa yang mengganggu kurang menyedapkan karena berbau prengus .  Bau yang khas daging kambing sewaktu diolah apapun.

Agar terhindar bau prengus pada daging kambing ;

1.    Mulai saat pemotongan kambing, bagian kepala pisahkan tersendiri. Jangan disatukan dengan daging bagian lainnya.

2.    Daging kambing tidak disarankan dicuci menggunakan air. Agar tidak menimbulkan bau rendam dengan air ekstrak nanas selama 10 sampai 15 menit.

2.    Gantung kambing yang baru selesai disembelih dengan cara bagian kepala kambing berada di bawah.

3.    Daging yang telah dipotong menjadi bagian bagian yang lebih kecil, diatas lembaran lembaran atau dibungkus daun  pisang. Tampaknya cara ini zat yang dikandung dalam daun pisang mengandung materi papain. zat yang dapat melunakkan protein daging. Bila dalam jangka waktu lama simpan dalam lemari es.

4.    Berikan bumbu halus rempah rempah, jahe, salam, sereh, kunyit  sesuaikan degan selera. Bumbu bumbu ini menimbulkan aroma rempah, sehingga mengurangi bau prengus.

5.    Dipercaya bahwa setelah memegang tanduk kambing kemudian menguliti kambing dengan tangan yang sama harus dihindari. Kita ketahui pada tanduk kambing terdapat lekukan lekukan tanduk yang memungkinkan  berjuta jenis bakteri yang dapt berpengaruh terhadap pelayuan daging kambing yang memungkinkan timbul aroma yang tidak sedap.


itulah  daging kambing agar tidak bau prengus saat diolah menjadi masakan yang nikmat.




vertex island

Tidak ada komentar: