Sabtu, 22 Oktober 2011

AIR MATA BUAYA

Laki laki itu menangis ketika istrinya meninggal, air mata basah berderai . Namun belum juga sebulan, sudah memiliki istri yang baru sebagai pengganti. Inilah rupanya air mata buaya yang berderai.

Mengapa air mata buaya yang menjadikan contoh sebagai obyek? Tampaknya. air mata yang dikeluarkan oleh buaya sebagai ungkapan rasa pura pura.

Padahal, sebenarnya air mata yang dikeluarkan buaya biasanya terlihat bila berjemur pada saat kepanasan.

Air mata buaya ini juga tampak pada saat sedang atau setelah selasai memakan mangsanya. Setelah kenyang perutnya, air mata yang tampak diperkirakan karena penyesalan setelah memakan mangsanya.

Seekor buaya yang telah memakan mangsanya yang besar. Sanggup bertahan puasa sampai sebulan lamanya. Sambil tidur, matanya dapat dijorokkan kebagian lebih dalam sehingga tampak sipit sekali dan tampak berlinang air mata.

Menjoroknya mata ke dalam sebagai perlindungan mata terhadap rangsangan yang membahayakan dirinya.

Seperti manusia, air mata dikeluarkan oleh kelenjar lakrimal. Air mata buaya ini tampak sewaktu kelopak mata buaya ketiga bergerak menyamping.
Diketahui bahwa buaya memiliki kelopak mata ketiga selain kelopak mata atas dan bawah yang bergerak untuk mengedipkan mata.

Kelopak mata ketiga ini bergerak menyamping menutupi mata dari sudut mata bagian dalam, berupa selaput yang transparan, banyak digunakan sebagai kaca mata pada waktu menyelam.

Kelopak mata ketiga semacam ini tidak saja buaya yang memiliki, binatang lainpun banyak. Misalnya katak, hiu, bebek,. burung hantu, elang yang mana kelopak mata ke tiga tersebut memiliki fungsi sesuai dengan sifat kehidupannya.
Bayangkan kalau manusia memiliki kelopak mata ke tiga. Tambah cakepkah?

vertex island

Tidak ada komentar: