Selasa, 05 April 2011

RASA IRI HATI

Rasa iri hati hampir setiap saat timbul. Terhadap teman, tetangga, bahkan saudara sekalipun karena keberhasilannya yang melebihi dari kita.

Iri terhadap keberhasilannya, iri terhadap kekayaannya, iri terhadap kecantikannya, iri terhadap kemampuannya. Dan sebagainya hampir selalu menghampriri kita.

Kita sering membandingkan keadaan dan kemampuan yang kita miliki. Seolah olah kita telah melakukan dengan susah payah, dengan tenaga yang maksimal. Menyita waktu yang lebih besar. Hasilnya tak sebanding dengan orang lain dengan mudah mencapainya.

Rasa iri hati sering menimbulkan kedengkian, rasa cemburu, rasa usil paling tidak ngomongin dalam diri bahkan ke orang lain. Yang lebih parah lagi rasa usil berkembang untuk menjahati.

Alangkah besar hati seseorang untuk menghindari rasa iri hati agar tidak menimbulkan kekerdilan diri. Tentunya akan membesarkan harga diri bila kita dapat merubah rasa iri hati menjadi hal yang lebih bermanfaat.

Usahakan dengan cara :

1. Lihat kemampuan kita dalam mencapai tujuan. Bekal pengetahuan yang masih kolot, belum ada metoda yang lebih inovatif dan lebih kreatif. Kita sering melakukan pekerjaan rutin tanpa adanya perubahan yang lebih praktis dan singkat. Tekuni dan jangan segan untuk selalu proses belajar untuk mendapatkan informasi yang lebih luas.

2. Seberapa jauh kita membuka jaringan dalam bidang pekerjaan yang kita geluti. Bertambah luasnya jaringan yang kita buka merupakan tambahan modal yang berarti bagi berlangsungnya mencapai tujuan. Membuka jaringan yang lebih luas, jaringan ke tingkat yang lebih atas akan mempermudah fasilitas dan kelancaran suatu sistem yang kita bangun.

3. Seberapa jauh kita meyakini keberhasilan untuk mencapai tujuan. Keyakinan yang jujur, konsisten, tahapan tahapan prosedur yang benar kita jalani, berdoa akan mengalahkan dan mengatasi segala rintangan yang dihadapi.

4. Rubahlah rasa iri hati menjadi perubahan pribadi yang konstruktif, sebagai cermin. Mengapa mereka bisa melakukan, pastikan kita juga Bisa!

5. Syukuri apa yang telah dicapai dan tetap pencapaian hari ini lebih baik dari pada sebelumnya.


vertex island

Tidak ada komentar: