Kamis, 20 Januari 2011

MENGATASI MiOPIA TINGGI

Miopia tinggi sangatlah menjadi kendala dalam kegiatan sehari hari penderita . Yang tergolong Miopia tinggi adalah penderita yang memiliki kelainan refraksi lebih dari 4 dioptri.

Dengan demikian semakin besar ukuran Minus seseorang akan memerlukan kaca mata yang lebih tebal.

Mengapa orang yang menggunaka kaca mata tebal tidak nyaman ?

1.Dengan kaca mata tebal, penderita merasa tidak nyaman. Karena dengan tebalnya lensa yang dipakai menjadi beban , terutama pada hidung dan telinga.

2.Dengan kaca mata tebal, mengurangi percaya diri penampilan seseorang. Semakin tebal lensa memerlukan frame kaca mata yang lebih tebal.

3.Dengan kaca mata tebal, semakin tebal kaca mata. Fungsi penglihatan penderita cenderung tidak optimal.

a.Semakin tebal kaca mata, persepsi besaran obyek yang dilihat akan tampak lebih kecil dari yang sebenarnya. Penderita dengan minus 5, obyek yang dilihat lebih kecil 20% dari obyek sebenarnya.

b.Penderita dengan perbedaan ukuran minus lebih dari 2 dioptri pada ke dua mata. Fungsi Salah satu mata penglihatannya cenderung tidak baik. Misalnya mata kanan penderita dengan – 2.00 mencapai 100%, sedangkan mata kiri -7.00. Fungsi mata kiri hanya mencapai 60%.

4.Orang yang cenderung bertambah secara progresif, menggunakan kaca mata tidak dapat menahan ukuran Minusnya.

Oleh karena itu, ada beberapa pilihan untuk mengatasi Miop tinggi, menggunakan :

1.Lensa kontak.
Lensa kontak bersifat ringan, tidak merubah penampilan, tidak ada perubahan (relatif kecil) besaran obyek yang dilihat. Namun penggunaan lensa kontak harus apik dan mengikuti aturan aturan yang baik.

2.Lasik.
Tindakan operasi Lasik, bagus sekali. Penderita bisa menanggalkan kaca mata sama sekali bahkan untuk penglihatan dekat. Sayang masih memerlukan biaya yang mahal dan hasilnya tidak baik pada Minus yang lebih dari 10 Dioptri.

3.Operasi Bedah Refraktif.
Penderita dilakukan operasi dengan jalan memasang Lensa tanam di dalam mata. Ada yang tanpa membuang lensa mata ada yang lansung memasang Lensa tanam di depan Lensa mata.
Orang Minus tinggi yang tidak baik hasilnya menggunakan Lasik, misalnya Minus lebih dari 10 Dioptri. Tindakan operatif ini adalah merupakan solusi yang baik .

vertex island

3 komentar:

Mar'Thumpal S'tumorang mengatakan...

syalom bapak doker..?
saya mau tanya pak dokter.
mata yang berwarna agak biru tu bisa dinamakan mata katarak ya pak..?

Mar'Thumpal S'tumorang mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Dok, apabila perbedaan dioptri lebih dari 10, apakah bisa diatasi dengan contact lens? Thanks.