Selasa, 11 Januari 2011

EPIBLEFARON PADA BAYI, AIR MATA MENGGENANG

Air mata menggenang atau terjadi belekan pada bayi menimbulkan keresahan pada kedua orang tuanya. Keluhan ini dapat terjadi hilang timbul, mengenai kedua mata atau sebelah mata. Sehingga keadaan tersebut membawa bayi tersebut ke Dokter.

Pada bayi, selama masih dalam perkembangan pertumbuhan, anatomi dan fungsi pembuangan air mata belum selancar orang dewasa.

Air mata di produksi oleh kelenjar mata, terletak di belakang kelopak mata atas bagian pelipis. Kemudian di keluarkan untuk membasahi permukaan mata. Pada keadaan normal dikeluarkan/ dibuang melalui lubang kecil yang terletak dikelopak atas dan bawah sebagai Punctum canaliculi lacrimalis. Lubang ini sedemikian rupa letaknya terhadap permukaan bola mata, mempermudah air mata masuk ke dalam saluran yang akhirnya bermuara di rongga hidung.

Pada bayi, keadaan anatomi kelopak mata belum sempurna, letak lubang tersebut belum pada posisi yang baik terhadap permukaan bola mata, masih melipat ke dalam, ini disebut Epiblefaron. Terutama pada kelopak mata yang gemuk.
Epiblefaron, Keadaan tersebut lubang saluran sulit untuk dilalui sehingga air mata menggenang. Genangan air mata yang banyak dan lama, memudahkan terjadi belekan karena infeksi.

Penanganan Epiblefaron pada bayi, sering di diagnosa sebagai penyumbatan saluran air mata. Sehigga tidak jarang bayi keadaan tersebut disuntikkan cairan ke dalam saluran air mata, dengan tujuan untuk mengetahui tersumabt atau tidaknya.

Epiblefaron bayi adalah suatu keadaan normal pada perkembangan anak, karena belum sempurnanya letak lubang saluran dan fungsinya. Keadaan ini dapat berlangsung kira kira sampai bayi berumur Satu tahun. Nah, bila setelah umur lebih dari satu tahun masih bergejala demikian barulah kita curigai adanya sumbatan saluran air mata.

Epiblefaron pada bayi disarankan untuk melakukan mengurut dengan dengan jari telunjuk pada kelopak bagian dalam, diharapkan agar lubang saluran cepat menmpati posisi yang baik. Bila trejadi belekan perlulah dilakukan pengobatan dengan obat tetes mata. Tidak dianjurkan menggunakan salep mata, karena bila menutupi lubang saluran akan menghalangi pengeluaran air mata.


vertex island

Tidak ada komentar: