Sabtu, 06 November 2010

DEBU VULKANIK TERHADAP MATA

Sejauh manakah pengaruh debu vulkanik mempengaruhi mata. Debu vulkanik Gunung Merapi dapat mencapai berpuluh puluh kilometer. Bahkan tadi malam dilaporkan debu vulkanik mecapai daerah Jawa Barat.

Meletusnya gunung Merapi, tampak kepulan awan tebal yang bergulung gulung. Awan berbentuk Wedus gembel ini, merupakan asap yang disemburkan melalui lubang kawah mengandung berbagai kandungan bermacam macam gas, antara lain uap air, karbon dioksida, karbon monoksida, belerang dioksida, mofeta, sulfatara dan lain lain. Gas yang dikeluarkan merupakan gas dengan konsentrasi tinggi dan temperature tinggi dan pembentukannya langsung karena ada tekanan gas magmatik.

Debu Vulkanik ini keras dan runcing, bahan dasarnya terutama adalah silika. Ini sama dengan bahan kaca.

Debu vulkanik ini.Ketika gunung berapi meluncurkan debu vulkanik, unsur-unsur yang keluar tidak hanya silika, tetapi juga besi, aluminium, serta berbagai macam gas.

Mata memiliki sensitifitas yang tinggi terhadap benda asing, Beruntung dengan adanya ketahanan mata bila kontak dengan benda asing akan timbul :

1. Suatu refleks yang spontan, di mana kelopak mata akan segera menutup bila mata terancam sesuatu rangsangan.
2. Produksi air mata akan segera bertambah banyak, Sehingga mata mencoba untuk membilas benda asing yang masuk ke dalam mata.
3. Timbul rasa perih dan sakit bila benda asing menempel pada bola mata. Dalam hal ini yang paling sensitif adalah kornea mata. Sehingga penderita segera timbul keluhan dan segera ingin di lakukan pengobatan.

Bentuk yang runcing dari debu vulkanik, bila masuk ke dalam mata akan menyebabkan menempel tertanam pada kornea, mata menjadi merah, terasa sakit, rasa silau, banyak keluar air mata.

Sehingga perlu di lakukan tindakan pengangkatan benda asing. Bila tidak dibuang debu vulkanik ini akan tetap mengeluh kesakitan pada mata dan dapat menyebabkan kelainan mata yang lebih jauh, infeksi bahkan timbul kebutaan.

Oleh karena itu sebagai pencegahan,disaranka:]

1. Pakailah kaca mata pelindung, agar mata terhindar dari akibat debu vulkanik di daerah anda.
2. Bubuhkanlah obat tetes mata aditif air mata, misalnya tetes mata Eye fresh, agar kontak debu vulkanik dengan mata, segera dibilas.
3. Yang paling efektif adalah masuk ke dalam ruangan. Di dalam rumah saja???!


vertex island

2 komentar:

permata syari mengatakan...

Dr..saya mau tanya.
fisiologi nya debu bisa masuk ke mata bagaimana ya..?

VERTEX ISLAND mengatakan...

Debu mudah masuk ke dalam mata. Debu yang mengenai selaput mata atau pada kornea. Respon setiap orang memiliki sensitifitas yang beragam. Antara lain reflex mengedip dari kelopak mata, bilasan air mata.