Senin, 08 November 2010

MENJERNIHKAN AIR SECARA SEDERHANA

Air yang bersih dan higienis sangat diperlukan bagi manusia untuk kegiatan sehari hari. Untuk makan,minum, mandi, mencuci dan lain lainnya. Ini dapat dilakukan dengan jalan menjernihkan air secara ideal. Dengan tujuan agar kwalitas air didapatkan :
1. Air yang jernih.
2. Tidak berbau.
3. Tidak mengandung zat zat yang membahayakan tubuh
4. Tidak mengandung organisme yang menyebabkan penyakit.

Untuk mencapai tujuan tersebut, hasil akhir air yang jernih itu haruslah diperiksa di laboratorium, sehingga dapat ditentukan apakah air memenuhi syarat untuk diminum ataukah tidak.

Kita sering dihadapkan kesulitan mendapatkan air jernih yang ideal, ketidak tahuan atau keengganan pergi ke laboratorium untuk memeriksa air.

Namun dengan keterbatasan tersebut masih dapat diusahakan secara sederhana agar :

1.Air masih dapat diminum tetapi masih harus dimasak.
2.Dapat digunakan untuk air mandi yang segar, jernih, tidak licin dibadan, tidak berbau.
3.Dapat digunakan untuk mencuci alat alat dapur.

Untuk itu buatlah sarana untuk menjernihkan air, sediakanlah bahan sebagai berikut :

1 Satu buah tabung (tong) plastik, dapat berupa bekas tempat zat kimia, besarnya tergantung kebutuhan.
2.Kran plastik beserta paralon penyambungnya untuk membuka atau menutup aliran air.
3.Bahan bahan penyaring sebagi penjernih air :
a. Pasir aktif, Berbentuk pasir hitam, halus. Bila tidak ada dapat digunakan pasir kali yang halus, dicuci dahulu sehingga sudah tidak terdapat kotoran atau tanah.
b. Karbon aktif,juga berbentuk butiran butiran berwarna hitam. Bila tidak ada bisa menggunakan Arang batok kelapa yang mudah dibuat sendiri atau membeli di pasar.
c. Zeolith, batuan kerikil kecil berwarna kehijauan.





Cara membuat :
1. Siapkanlah tong tabung plastik dengan terpasang kran dibagian bawah. Tong tersebut siap dialiri air yang akan dijernihkan.
2. Masukkan Pasir Aktif, Karbon Aktif, dan Zeolith kedalam tong dengan perbandingan sama banyaknya.
3. Buat bak penampungan air yang telah dijernihkan.
4. Dengan cara menjernihkan ir secara sederhana ini, air dapat diminum setelah dimasak dahulu.

Bila air yang akan dijernihkan berasal dari sungai yang masih terdapat banyak kotoran, buatlah tong lain sebelumnya untuk menyaring kotoran. Tong ini isi dengan ijuk atau kasa atau dekron plastik sebagai penyaring.

Bila air yang akan dijernihkan berasal dari tanah perumahan baru yang dahulunya bekas sawah. Biasanya air berwarna agak kekuningan, tidak jernih, untuk mandi bila digunakan sabunnya kurang berbusa, rasanya tidak segar, terasa licin dikulit.

Air jenis ini masih terdapat banyak mengandung zat besi bahkan banyak mengandung zatMangaan (Mn). Zat Mangaan biasanya tidak hilang dengan penyaringan tong tersbut. Zat mangaan ini akan hilang, bila dijatuhkan dari atas berupa titik titik air, agar mudah terurai dengan udara. Untuk itu, air yang masih mengandung Mangaan harus di lalukan pada lempengan nampan yang berlubang lubang lecil. Agar air jatuh menjadi butiran butiran kecil air yang dapat dioksidasi dengan udara. Baru dapat digunakan dengan nyaman. Segarrrr.

Tidak ada komentar: