Sabtu, 13 November 2010

MENINGKATKAN DAYA INGAT DENGAN METODE TRAVELING

Metode Traveling adalah salah satu cara untuk dapat mengingat sautu deretan obyek yang mudah di cerna oleh otak dan dapat disampaikan kemali dengan baik.

Metode Traveling sangatlah mudah, untuk mengingat sebuah daftar panjang, fleksibel dan efektif. Cara ini berdasarkan urutan perjalanan yang mudah diingat oleh kita, yaitu menggabungkan aliran narasi, struktur urutan Sistem pengingat yang lebih kuat.

Cara Menggunakan Perangkat Metode Traveling :

Anda menggunakan Metode Traveling dengan mengaitkan informasi dengan tanda tanda khas dalam perjalanan yang Anda kenal dengan baik. Ini bisa, misalnya : urutan perjalanan Anda bekerja di pagi hari, rute yang Anda gunakan untuk sampai ke Bandung dari Bogor; rute mengunjungi orang tua Anda atau tour wisata.

Setelah Anda sudah familiar dengan Metode Traveling ini, Anda mungkin dapat membuat perjalanan imajiner untuk memperbaiki daya ingat Anda, dan menerapkannya.

Untuk menggunakan Metode Traveling ini agar efektif, adalah mempersiapkan narasi perjalanan sebelumnya. Dengan cara ini membuat urutan yang jelas dalam pikiran Anda sebelum Anda mencoba untuk berkomitmen informasi kepada mereka.
Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah menuliskan semua tanda tanda khas yang dapat Anda ingat untuk di selembar kertas. Hal ini memungkinkan Anda untuk memperbaiki tanda tanda khas yang signifikan dalam mnemonik Anda.

Untuk mengingat daftar item, apakah nama orang-orang, percobaan, peristiwa atau benda. Semua yang perlu Anda lakukan adalah mengaitkan daftar item tersebut dengan tanda tanda khas di dalam narasi perjalanan Anda.

Ini adalah metode yang sangat efektif untuk mengingat daftar panjang informasi, misalnya mengingat elemen pada tabel periodik, daftar Presiden, informasi geografis, atau urutan kartu Bridge yang dikocok.

Sistem ini sangat fleksibel:
Semua yang perlu Anda lakukan untuk mengingat daftar yang panjang adalah mengingat narasi traveling dengan tanda tanda khas yang lebih banyak.

Untuk mengingat daftar pendek, hanya menggunakan bagian dari rute.

Satu keuntungan dari Metode Traveling adalah bahwa Anda dapat menggunakannya untuk bekerja, baik urutan ke belakang atau ke depan, dan mulai dari rute manapun untuk mengambil informasi.

Contoh:

Anda ingin mengingat sesuatu yang biasa, misalnya daftar belanja:

Kopi, salad, sayuran, roti, ikan, dada ayam, daging sapi, sup, buah, bak mandi bersih.

Anda bisa mengaitkan daftar ini dengan suatu narasi traveling ke supermarket.

1. Pintu depan rumah: biji kopi tumpah di keset

2. Semak Melati di halaman depan: daun selada dan tomat tumbuh di sekitarnya.

3. Mobil pribadi : kentang, bawang dan kembang kol di kursi pengemudi

4. Di ujung jalan: toko roti Holand Bakery dengan kincir anginnya yang berputar.

5. Lampu lalu lintas: ayam bertengger di atas lampu.

8. Di bawah jembatan kereta api: seekor sapi sedang dimandikan.

9. Di depan Ruko: Tenda sup kambing yang dibongkar regu Tramtib.

10. Tempat parkir Ruko: apel dan jeruk jatuh dari tingkat atas

11. Toilet Ruko : bak mandi kotor, yang tidak ada airnya.

Dengan contoh tersebut kita dapat mengingat suatu daftar belanja yang efektif dan lebih mudah untuk mengingat.

Metode Traveling adalah metode yang kuat efektif untuk mengingat daftar informasi, dengan membayangkan gambar dan kejadian di urutan perjalanan.

Karena narasi perjalanan yang digunakan adalah berbeda dalam lokasi dan bentuk, maka satu daftar yang diingat menggunakan Metode Traveling ini mudah untuk membedakan dari daftar lain.

Untuk menggunakan Metode Traveling ini Anda harus menginvestasikan waktu dalam mempersiapkan perjalanan dengan jelas dalam pikiran Anda.

Selamat melatih mempertajam daya ingat Anda.

vertex island

Tidak ada komentar: