Selasa, 20 April 2010

SELALU BERHASILKAH OPERASI KATARAK ?

Katarak memiliki gejala menurunnya fungsi penglihatan bahkan sampai terjadi kebutaan. Derajat menurunnya fungsi penglihatan pada katarak tergantung dari ketebalan atau banyaknya kekeruhan yang terjadi pada lensa.

Dengan berkembangnya teknologi di bidang kesehatan mata. Tindakan operasi dapat dilakukan tanpa menunggu penglihatan mata sampai buta.

Di era ini, diagnosa katarak dapat ditegakkan beserta prognosanya, untuk mengetahui besarnya kemungkinan keberhasilan operasi, berkat kemajuan penunjang alat diagnosa dan teknik operasi.
Jadi bila penderita katarak yang mulai terganggu penglihatannya, dapat segera dilakukan operasi. Operasi segera sangat di butuhkan oleh seseorang dalam menjalankan profesinya, misalnya seorang pengemudi atau pilot, mereka sangat memerlukan ketajaman penglihatan yang baik. Dahulu ada istilah katarak belum matang. Katarak matang artinya penderita sudah tidak mampu melihat ( buta}.

Namun tindakan operasi, walaupun secanggih apapun bukanlah selalu merupakan tindakan yang aman bagi keberhasilan operasi katarak.

Untuk itu perlu syarat syarat yang harus dipenuhi :

1. Persiapan operasi yang baik.
Persiapkan mental yang baik. Pasrah, percaya bahwa ada Tuhan yang maha kuasa yang selalu melindungi kita.
Tidak terdapat penyakit penyerta lainnya yang memungkinkan menjadi penyulit pada saat operasi. Sebaiknya mendapatkan rekomendasi dari Spesialis Peny Dalam, karena penderita tua sering disertai Diabetes atau Hipertensi.
Lakukan pemeriksaan biometri untuk mengetahui besarnya kekuatan Dioptri Lensa tanam yang akan digunakan dalam mata.

2. Pada saat operasi
. Diharapkan operasi berjalan dengan mulus, tidak menimbulkan komplikasi. Operasi harus dilakukan oleh spesialis mata yang kompeten atas teknik operasi yang dilakukannya.
Dapat kan informasi teknik yang terbaik dan paling dikuasai oleh operator yang akan melakukannya.

3. Perawatan Paska operasi.
Perawatan paska operasi apa saja yang harus dilakukan dan tindakan apa saja yang perlu dihindari, Kegagalan hasil operasi dapat timbul akibat ketidak patuhan penderita untuk mengikuti saran sarannya.
Dapatkan informasi dari operator, bahwa tahap ini dijalankan dengan baik sampai penyembuhan maksimal.

Dengan memperhatikan ke tiga proses diatas, keberhasilan operasi akan tercapai dengan optimal.

vertex island

Tidak ada komentar: