Rabu, 21 April 2010

KEAJAIBAN TIGA MACAM CAIRAN DI DALAM BOLA MATA

Bola mata terdapat tiga jenis cairan di dalamnya:
Cairan badan kaca ( Vitreus),
Cairan dalam Lensa,
Cairan Bilik Depan { Humor Aquous}.

Ketiga cairan tersebut sepanjang hayat dipertahankan agar tetap jernih demi tetap berlangsungnya penglihatan yang optimal. Bila salah satu cairan tersebut terjadi kekeruhan maka ketajaman penglihatanpun akan terganggu.

Cairan Vitreus, Cairan jernih kental yang mengisi sebagian besar dalam bola mata. Cairan ini bila terjadi kekeruhan( Vitreus Opacity }, sering disebabkan akibat penyakit sistemik misalnya Diabetes, atau akibat adanya fokal infeksi ditempat lain pada tubuh misalnya tbc pada paru.

Cairan dalam lensa, Cairan jernih yang sangat kental. Yang memiliki daya refraktif pada fungsi penglihatan. Cairan ini bila terjadi kekeruhan disebut Katarak.

Cairan Humor Aquos, cairan ini terdapat dalam bilik mata depan, antara kornea dan iris serta dinding depan lensa. Keadaan cairan humor aquos ini harus selalu jernih dan setiap saat harus mempertahankan sirkulasinya agar tekanan bola mata tetap normal.

Ketiga jenis cairan masing masing dipisahkan selaput dinding tipis, agar cairan tetap dalam ruangannya masing masing.

Maha Pencipta telah mengatur sedemikian rupa agar cairan tersebut sesuai dengan fungsinya. Merupakan keajaiban yang sangat menakjubkan dalam satu ruangan terdapat tiga macam cairan. Kita perlu mensyukurinya.

Pernahkah mendengar keajaiban alam, sungai terdapat didalam laut. Sungai tersebut berisi air tawar yang terpisah dari air laut sekelilingnya.

Mr.Jacques Yves Costeau , ia seorang ahli oceanografer dan ahli selam terkemuka dari Perancis. Orang tua yang berambut putih ini sepanjang hidupnya menyelam. Pada suatu hari ketika sedang melakukan eksplorasi di bawah laut, tiba-tiba ia menemukan beberapa kumpulan mata air tawar-segar yang sangat sedap rasanya karena tidak bercampur/tidak melebur dengan air laut yang masin di sekelilingnya, seolah-olah ada dinding atau membran yang membatasi keduanya.

“Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan) ; yang ini tawar lagi segar dan yang lain masin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi.” (Q.S Al Furqan:53)

vertex island

Tidak ada komentar: