Rabu, 31 Mei 2017

PERLUKAH KACA MATA KHUSUS UNTUK BEKERJA DI DEPAN KOMPUTER ?




Sejalan dengan adanya perkembangan teknologi,  pekerja profesional menghabiskan sebagian besar hari bekerja di depan komputer, Ini mungkinkan  mengalami gejala Computer Vision Syndrome (CVS). 

Gejalanya penglihatan menjadi kabur, ketegangan mata, kadang kadang sampai kemerahan mata, mata berair, sakit kepala, bahkan ketegangan pada leher.

Gejala-gejala ini dapat disebabkan oleh beberapa  hal-hal , misalnya bekerja terus mnenerus, mata dipanteng tanpa menghiraukan waktu istirahat, tidak melakukan jeda pekerjaan walaupun sebentar, arah pencahayaan yang tidak tepat di dalam ruangan, posisi badan terhadap monitor tidak ergonomis dan banyak hal lainnya.

Hal penting yang dapat Anda lakukan jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut di atas adalah menentukan apakah ada masalah dengan ketajaman penglihatan Anda.  

Disini diperlukan koreksi kaca mata ulang sesuai dengan kelainan ketajaman penglihatan. Apakah resep kaca mata Anda telah berubah dan Anda perlu penyesuaian lensa korektif baru. Koreksi penglihatan jauh beserta koreksi kaca mata silinder yang sesuai dengan kaca mata yang digunakannya. 

Nah,  tidak ada kesesuaian kaca mata dengan fungsi ketajaman penglihatan, ini bisa mengarah pada pengembangan beberapa gejala CVS.   Setelah pemeriksaan mata Anda, jika Anda masih mengalami masalah dengan CVS, Anda perlu sepasang kacamata yang sesuai untuk bekerja di depan komputer, yang dapat membantu mengurangi gejala.

Apakah ada  Kacamata Komputer khusus ?

Ada yang merancang kaca mata gelas yang di rancang secara khusus. Dikatakan lensa pada kacamata komputer lebih kuat daripada lensa yang terbuat dari bahan gelas, dibuat untuk mengurangi melotot dan untuk menjadikan penglihatan Anda lebih nyaman, jelas dan lapang pandang lebih luas, sehingga menghemat seberapa power yg diperlukan fokus untuk melihat apa yang di layar Anda dengan jelas.

Namun sebenarnya peningkatan penyesuaian kaca mata terhadap obyek atau tulisan yang tertera pada monitor adalah dengan jalan koreksi kaca mata yang benar, termasuk memilih jenis frame kaca mata yang sesuai, pemilihan jenis lensa kaca mata, ketepatan koreksi besaran dioptri lensa kacamata.


Pemilihan Kaca mata yang sesuai.Frame kaca mata sesuaikan dengan bentuk wajah, yang perlu diperhatikan pada wajah ada yang memiliki jarak ke dua mata yang lebar ada pula yang sempit. Jadi sesuaikan jarak jembatan kaca mata di antara hidung agar sesuai.                                                                                                                                                                                                        
  • Ukuran lensa kaca mata yang sesuai dengan fungsi ketajaman penglihatan.Hasil pemeriksaan koreksi mata harus sesuai dengan keadaan kelainan penglihatan saat terkini. Pada setiap orang kelaianan penglihatan, kecepatan perubahan ketajaman penglihatan tidak sama. Ada yang cepat ada pula yang lambat berubah. 
  •  
  • Pada pengguna kaca mata yang telah disertai lensa untuk membaca. .disarankan menggunakan lensa multi focus, bukan bifokus. Lensa multi focus diantaranya dikenal sebagai lensa progresif. Lensa bifokus, bentuk lensa tampak batas lensa melingkar di bagian bawah, ada yang berbentuk seperti bulan ada yang berbentuk seperti mangkuk.Sedangkan lensa progresif, tidak tampak batasnya. Keunggulannya adalah dapat meng koreksi penglihatan untuk jarak jauh, jarak dekat dan jarak sedang. Jarak sedang inilah yang diperlukan untuk melihat obyek pada komputer. Pemilihan lensa progresif harus diperhatikan jenis lensa yang memiliki lapang pandang luas. Lensa progresif yang dikeluarkan oleh pabriknya semula memilikilapang pandang kurang luas dibandingkan dengan lensa progresif sekarang. Bahkan lensa multigresif memiliki lapang pandang yang lebih luas sehingga pengguna lebih cepat beradaptasi. Harganyapun tentunya lebih mahal.
  •  
  • Pemilihan lensa progresif harus diperhatikan jenis lensa yang sesuai dengan pemiliham bentuk kaca mata. Terutama kaca mata wanita yang memilih lebih banyak tipe yang tidak besar, tidak seperti kaca mata jengkol! Inipun perlu memilih jenis progresif yang “short corridor” pada kaca mata yang berbentuk kecil.
  •  
  • Pemilihan lensa progresif harus diperhatikan titik fokus lensa tepat pada posisi titik focus mata. Bila pembuat kaca mata mengerjakannya tidak sesuai, akanmenimbulkan masalah bagi pemakai kaca mata.
  •  
  • Pemakaian kaca mata progresif harus terpasang dengan baik di depan mata, jangan sampai melorot ke bawah atau tidak tepat . Keadaan ini fitting kaca mata harus baik dngan memperhatikan letak nouse pad dan panjang gagang kaca mata.

Agar kacamata untuk bekerja di depan  komputer yang terbaik untuk Anda, Anda harus menjadwalkan pemeriksaan mata untuk menentukan tetap menggunakan kaca mata terkini  yang sesuai.

Terdapat lensa dengan lapisan anti-reflektif atau anti-silau. Jenis coating dapat berkontribusi terhadap ketegangan mata.

Selain memakai kacamata yang sesuai untuk menghilangkan ketegangan mata, Anda juga dapat mengambil waktu istirahat dan menjaga mata Anda.

Dengan penambahan vitamin mata dapat meningkatkan fungsi syaraf mata pada retina. Membuat kwalitas retina lebih baik, Sekarang banyak beredar vitamin untuk mata dengan sediaan Bilberri ekstrak.

Dengan memperhatikan beberapa aspek diatas maka  kebutuhan anda dapat tetap nyaman bekerja di depan komputer.


vertex island

Tidak ada komentar: