Rabu, 24 Mei 2017

JANGAN SAMPAI MALU KITA MENYEBUTKAN MANA KIMONO DAN MANA YUKATA





Hampir di semua hotel berbintang di Jepang, di lemari pakaian disediakan pakaian yang bentuknya jubah.

Kami sebagai masyarakat awam tidak mengetahui apakah itu yang disebut kimono sebagai pakaian tidur atau pakaian mandi. Tampak beberapa orang menggunakannya di dalam restoran dan kolam renang. Bahkan bergroup mereka berfoto bersama menggunakan pakaian kimono? Namun kiranya bukanlah yang disebut kimono.

Rupanya jenis pakaian tersebut adalah Yukata. Yukata bentuknya sama dengan kimono sebagai baju tradisional Jepang,  terlihat mirip. Apa sih bedanya… . Keduanya terlihat seperti jubah yang menutupi seluruh tubuh hingga ujung mata kaki.

Berikut ini Perbedaan dari Kimono dan Yukata :

1. Kimono biasanya digunakan pada acara formal misalnya pernikahana, pesta, wisuda dan sebagainya, Jenis-jenis tersebut diantaranya adalah :                                                        Kurotomesode.

Tomesode adalah jenis kimono paling formal untuk wanita yang sudah menikah. Irotomesode
Tomesode yang dibuat dari kain sutra yang mewah  berwarna disebut irotomesode.
Sedangkan Yukata, pakaian acara santai untuk menikmati festival dan berbagai acara lainnya yang bersifat santai.

2. Kimono, sebagai bahan yang digunakan biasanya terbuat dari sutra, sedangkan Yukata terbuat dari Katun.

3.  Kimono dapat digunakan dalam segala musim, terutama musim dingin yang penggunanya dapat membuat merasa hangat, karena memiliki lapisan dalam yang dobel, terdiri dua lapisan pakaian dalam, yaitu Hadajuban dan Juban. Sedangkan, Yukata hanya memiliki 1 lapis Pakaian dalam saja yaitu Hadajuban. Yukata lebih sering digunakan pada musim panas karena bahannya yang mendukung.

4. Kimono, Karena terbuat dari bahan yang mahal, Sutra. Temtunya tidak bisa dicuci secara sembarangan. Sedangkan Yukata tidak masalah bila dicuci sendiri, karenaterbuat dari katun.

5. Kimono wajib memakai kaos kaki yang biasanya digabung dengan sandal kayu, yang diebut zori. Yukata tidak diharuskan memakai kaki atau bisa dibilang bebas. Alas alas kaki yang digunakan saat memakai Yukata biasanya adalah geta.

6. Kain Besar yang melingkar dibagian pinggang pengguna disebut Obi. Ukuran Obi Kimono tampak terlihat lebih besar daripada Yukata, lebih padat karena di bagian perut terdapat sebuah papan kecil yang digunakan sebagai penyangga agar obi terlihat rapih. .Bagian belakang obi kimono pun biasanya ada bantal kecil terlihat lebih resmi. Sedangakan obi Yukata digunakan lebih sederhana. Kain yang dililitkan hanya satu lembar kain saja dan langsung dikreasikan menjadi pita di bagian belakangnya. Bentuk obi Yukata yang populer adalah simpul berbentuk kupu-kupu disebut Bunko

7. Kimono dari bahan dan asesorisnya  tentu harganya lebih mahal daripada Yukata , sehingga Kimono sangat jarang sekali dicari di took toko biasa. Yukata terjangkau untuk semua lapisan masyarakat.

8. Dari  penampilan Kimono, kita dapat mengetahui status w anita apakah sudah menikah atau belum. Tampak dari ukuran lebar tangannya. Sedangkan Yukata tidak mengenal status wanita Karena  Yukata dapat dipakai oleh siapa saja.

Nah , itulah perbedaan  Kimono dan Yukata, sehingga kita bila bertemu dengan orang yang menggunakan pakaian tradisional Jepang dapat membedakan antara keduanya.

vertex island

Tidak ada komentar: