Minggu, 17 April 2016

MENGHINDARI PENYAKIT LUPA DISAAT BERTAMBAHNYA UMUR

Daya ingat otak setiap manusia harusnya setiap waktu dalam keadaan stabil.  Seiring faktor usia yang terus bertambah, sering dirasakan menurunnya daya ingat lupa meletakkan kaca mata, dompet, ballpen atau lupa nama teman yang baru saja kita jumpai bisa bisa lupa makan…. .  Jadilah oran yang pelupa – Lupawan! Oleh karena itu perlulah kita menghindari penyakit lupa.

MENGHINDARI PENYAKIT LUPA DISAAT BERTAMBAHNYA UMUR


Berikut ini 7 tips agar tidak sering lupa :

1.Melakukan review sebagai mempertahankan daya ingat Otak.

yaitu dengan cara melatih otak kita untuk mengingat sesuatu.
Antara lain, sebelum tidur mengingat kembali tindakan dan pekerjaan apa saja yang telah dilakukan sejak bangun tidur hingga menjelang tidur.
atau menyebutkan 10 nama teman sekolah anda sewaktu SD, SMP, SMA, atau waktu di perguruan tinggi kah.
Atau melihat nomor polisi mobil yang sedang lewat, kita review setelah satu jam kemudian.
Atau sering melakukan asah otak, sebagi contoh mengisi teka teki, kwesioner majalah profesi dan sebagainya.

2.Melatih menghubungkan nama obyek dengan nama obyek lainnya yang lebih mudah diingat.

Sebagai contoh. Nama seseorang yang baru dijumpai namanya Petrus,  kebetulan orangnya cakep memiliki hidung yang mancung. Kenapa tidak kita ingat ingat sebagai orang yang namanya seperti petruk.  Petetruk hampir sama dengan Petrus.

3. Mencatat rencana pekerjaan atau tindakan yang akan dilakukan.

Misalnya rencana hari ini apa saja yang akan dilakukan, kemudian catatan tersebut letakkan dalam tempat yang mudah di baca, misalnya catatan diatas meja, atau di catat dalam aplikasi HP.

4. Mengkonsumsi Nutrisi yang baik untuk otak.

Mengkonsumsi aneka jenis makanan yang bermanfaat sebagai suplai nutrisi yang baik bagi otak . Misalnya buah blueberry, bawang merah, brokoli, buah bit dan pisang. Minum Air Putih yang cukup. 6 sampai 8 gelas air putih sehari. Air yang diminum untuk mencukupi komponen masa otak yang sebagian besar otak mengandung air yang banyak.

6.Melakukan olah raga sehat yang teratur.

Berolahraga tentunya  membantu otak dengan mengisi sel-sel yang benar-benar bermanfaat dengan jalan memperlancar aliran darah ke otak, akan melatih keseimbangan badan dan akan membantu Anda menghindari lupa .

7.Tidur yang cukup dalam satu hari satu malam tidur yang cukup adalah 8 jam. Agar otak tetap fresh.


Sekali lagi untuk menghindari penyakit lupa.
Isilah informasi yang positif bagi otak, misalnya berfikir secara positif, tanpa ada rasa iri, dengki, ngomongin orang. Berpaculah dengan hal hal yang kreatif, inovatif, dan jangan lupa selalu berdoa, berzikir, orang yang banyak berzikir banyak terhindar dari penyakit ini.



vertex island



Tidak ada komentar: