Jumat, 14 Desember 2012

JULING PALSU ATAUKAH BENAR BENAR JULING

Pseudostrabismus
Apa pseudostrabismus?

Juling atau Strabismus, dipakai sebagai istilah medis untuk mata yang tidak lurus. Kita sangat mudah sekali mengenal penderita juling. Pada penampilannya untuk melihat suatu obyek, mata tidak menunjukkan arah ke satu titik.

Derajat Juling bervariasi mulai dari juling minimal sampai maksimal.  Ini dapat dinyatakan dengan ukuran derajat.

Salah satu jenis lainnya adalah Juling palsu atau Pseudo Strabismus Ini sering dikeluhkan orang tua yang memperhatikan anaknya, tampak seperti juling. Sehingga orang tuanya segera memeriksakan ke dokter mata dengan keluhan salah satu mata anaknya tampak ke dalam mendekati pangkal hidung.

Memang orang tua harus segera tahu apakah anak tersebut benar benar juling ataukah juling palsu, karena penanganannya sangat berbeda. Ini sulit untuk membedakan antara yang benar dan juling palsu..


Kenap tampak juling palsu ?

Juling palsu tampak pada anak disebabkan lipatan kulit di sudut kelopak mata meluas, sering dikaitkan dengan jembatan hidung lebar. Berupa lipatan epicanthal atau epicanthus). Banyak ditemukan pada orang kontinental. Fitur-fitur ini berkontribusi pada penampilan mata tampak ada sedikit ruang area putih antara iris dan sudut bagian dalam kelopak mata.

Bagaimana seorang dokter menentukan apakah seorang anak memiliki benar benar juling atau juling palsu?

Dokter Mata menentukan titik pusat refleks cahaya mata masing-masing mata.  Titik reflex cahaya harus jatuh simetris dalam mata anak.
Jika refleks cahaya tidak jatuh pada posisi yang sama dari masing-masing mata. Serta pemeriksaan tes penutup mata menunjukkan penyimpangan, Maka dapat ditegakkan diagnosa Juling.


Mengapa penting untuk membedakan Juling palsu dari benar benar juling?

Benar  benar juling pada anak dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen, oleh karena itu perlu penanganan yang dini dan evaluasi lebih lanjut.

Juling palsu tidak memerlukan pengobatan dan penampilan anak menjadi dewas cenderung membaik seiring berjalannya waktu. Sebagai fitur wajah matang, lebar jembatan hidung cenderung untuk menyempit.
Pembedahan jarang diperlukan sebadai alasan kosmetik.

vertex island







Tidak ada komentar: