Kamis, 01 September 2011

SOTO MAKANAN INDONESIA

DAERAH MEMILIKI KEKHASAN SOTO

Sebagai orang Indonesia pasti mengenal makanan soto sebagai penyerta makan nasi.


Soto Bandung khas sotonya kuahnya bening, ada goreng kacang gajih, ada lobaknya. Daging sapi yang digunakan bagian daging bagian sengkel yang empuk.


Soto Betawi. Dikenal soto mewah, karena kuahnya dari santan sering dicampur dengan susu. Jadi rasanya lezat sekali. Sebagai tambahan taburan daun bawang, bawang goreng, dan emping, disertai sambal bawang.


Soto Bogor, bisa memilih kuahnya bening atau berwarna kuning. Berwarna kuning memakai santan sering disertai so’un. Sebagai pelengkap dibubuhi goreng paru.


Soto Kudus. Nasinya sering disatukan dengan sotonya. Dicampur daging sapi atau daging ayam. Biasanya penyajiannya disertai sate ampela hati dan sate telur puyuh.


Soto Sokaraja. Banyumas. Orang setempat menyebutnya sroto.Yang khas soto dicampur dengan bumbu kacang. Kurupuk sagu berwarna merah, biasanya penyajiannya disertai tempe mendoan. Tempe dibalut tepung yang digoreng tidak sampai matang .


Soto Solo, orang daerah sering menyebut Saoto. Ada yang memakai bihun ada yang tidak. Sambal Lombok rawit sebagai penyerta.


Soto Ambengan. salah satu makanan khas kota Surabaya.
Warna kuahnya lebih kuning pekat karena memakai kunir.
Soto Ayam Ambengan terdiri dari daging ayam beserta jeroan, kulit, brutu, telur, nasi putih, bihun, kubis cacah dan kuah kaldu ayam. Yang khas adalah mencampur makanannya dengan koya, yaitu bubuk yang terbuat dari parutan kelapa, tumbukan kerupuk udang, dan bawang putih.


Soto Lamongan. Soto yang merambah kota kota besar di Jawa. Soto benibg , dicampur daging ayam atau sapi, so’un.


Soto Lampung, berwarna kuning, campurannya babat.


Soto Makasar, sering disebut Coto Mangkasar.
Kenapa disebut Coto? Kata temenku : Soto kalau dagingnya daging sapi, sedangkan coto dagingnya capi. Hahahah…
soto tidak pakai santan, bumbu soto dilangkapi daging sapi, babat, paru. Penyertanya sambal tauco.


Soto Padang, soto menggunakan daging has dalam, tulang iga dan kaki sapi. Dilengkapi pergedel, kerupuk sagu merahdan sambal lado merah.


Soto Aceh. Soto kuahnya santan berbumbu soto, menggunakan daging sapi dengan jeroan.

Soto Banjar. Sering disebut Soban, soto banjar. Mewakili soto Kalimantan Selatan. Soto dengan daging ayam disuir suir, tidak menggunakan santan. Dicampur ketupat. Makannya dilengkapi soun, perkedel dan telur bebek rebus.


Soto Madura. Dikenal sebagai soto Sulung. Sota terdapat campuran dagingsapi bagian sanding lamur, telur, jeroan dan kentang. Disajikan bersam sambal rawit.


Soto Papua. Belum dengar ada soto Papua, ada juga soto Irian tetapi soto jalan Irian. Kalau ingin soto irian silakan cari sendiri. Maaf penulis belum pernah ke Papua.


vertex island

Tidak ada komentar: