Jumat, 03 Juni 2011

BLUE FIELD ENTOPTIC PHENOMENA

BLUE FIELD ENTOPTIC PHENOMENA

Blue field entoptic phenomena adalah suatu phenomena mata yang dapat menimbulkan suatu bayangan bintik bintik bulat / lonjong berwarna putih bergerak cepat secara acak tak beraturan dalam suatu latar belakang berwarna biru.

Blue field entoptic phenomena ini timbul , bila kita melihat warna biru terang. Dengan jalan menutupkan mata sebelah, mata yang lain menatap dengan mata terpejam pada suatu ruang kotak berisi warna biru terang.

Blue field entoptic phenomena adalah suatu efek normal yang dapat dirasakan oleh hampir semua orang. Titik-titik yang tampak bergerak adalah sel darah putih pada kapiler di depan retina mata, dekat makula.

Cahaya Biru muda (panjang gelombang optimal: 430 nm) baik diserap oleh sel-sel darah merah yang mengisi kapiler. Sel darah putih, yang tidak menyerap cahaya biru, menciptakan kesenjangan dalam kolom darah, dan kesenjangan ini muncul sebagai titik-titik terang yang bergerak.

Mata dan otak "mengedit" garis bayangan dari kapiler, sebagian dengan adaptasi gelap dari fotoreseptor berbaring di bawah kapiler.
Oleh karena itu, bayangan bayangan dari sel seldarah putih dalam kapiler di depan retina adalah penyebab dari Blue field entoptic phenomena

Blue field entoptic phenomena kemudian memungkinkan untuk mengetahui fungsi keadaan aliran darah dalam kapiler/ pembuh darah di retina. Tes ini sangat penting untuk mengetahui keadaan pembuluh darah retina pada penyakit Diabetes. Retinopati Diabetika.

Blue field entoptic phenomena juga sangat berguna untuk mengetahui prognosa, estimasi keadaan retina secara kwalitatif, bila penderita akan dilakukan operasi katarak. Terutama pada katarak yang tebal dimana pemeriksaan Laser inferometer sudah tidak memungkinkan.

Blue field entoptic phenomena, pada Pemeriksaan yang didapat dari pasien adalah kesan adanya bintik bintik kecil agak lonjong bergerak di empat kwadran lapang pandang.

Bila jumlah bintik bintik ini lebih sedikit, menunjukkan fungsi retina terdapat kelainan. Oleh karena itu dari Pemeriksaan ini kita dapat memprediksikan hasil operasi katarak yang tebal/ matur. Bila hasil Blue field entoptic phenomena tidak baik, jangan dilakukan operasi katarak.

Tidak ada komentar: