Sabtu, 04 September 2010

PENCUCI MATA , BOOR WATER ?

Pencuci mata yang telah lama dikenal oleh masyarakat kita adalah boor water.
Boor water dikenal sejak jaman belanda, mengandung asam boric.

Asam boric sebagai pencuci mata bersifat sebagai astringent dan antiseptic lemah. Pemakaiannya sering digunakan untuk membersihkan mata bila banyak terdapat kotoran mata (belek).

Namun pencuci mata ini sekarang sudah ditinggalkan, bahkan beberapa pabrik sudah tidak memproduksi sediaan yang mengandung asam boric ini. Mengapa?

Sediaan Asam Boric biasanya tidak stabil terutama bila terkena udara. Sediaan ini akan mudah mengendap. Yang kemudian endapan ini berada dilapisan bawah. Sehingga terbentuk Air diatasnya.

Bila cairan pencuci ini digunakan, maka yang digunakan hanyalah substansi air. Sedangkan bila kemudian cairan ini digunakan tinggalah endapan yang terlarut dalam air dengan konsentrasi yang tinggi.
Sehingga cairan inilah yang dapat menyebabkan kelainan pada mata, merusak kornea dan selaput lender mata..

Oleh karena itu, untuk membersihkan mata atau menyegarkan mata, kita kembali ke “Back to nature” yaitu menggunakan air.

Caranya: Air matangkan sampai mendidik, kemudian dinginkan sampai anget anget kuku. Kemudian kasa steril atau kapas steril celupkan pada air tersebut. Peraslah sampai kasa atau kapas tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah.
Usapkan pada mata yang banyak mengandung kotoran (belek) sampai bersih. Lakukan berulang ulang dengan kasa atau kapas tadi. Hingga bulu mata tidak tampak ditempeli kotoran.
Bila telah bersih dari belek barulah bubuhi obat tetes mata atau salep mata, agar zat aktif nya bekerja dengan baik.

Lebih mudah kan ? dan lebih efektif….

vertex island

1 komentar:

Alin mengatakan...

Kata tetangga boor water bisa ngobatin biang keringat, bener ga?