Rabu, 08 September 2010

MATA MERAH, RADANG SELAPUT MATA KARENA ALERGI

Mata merah, dapat disebabkan karena radang selaput mata karena alergi.
Alergi pada selaput mata sebagai akibat sensitivitas selaput mata terhadap rangsangan dari luar, substansi ini disebut alergen.

Alergen tidak hanya dari bahan/zat yang kontak terhadap mata, tetapi dapat juga disebabkan kontak terhadap seluruh bagian tubuh, baik permukaan kulit, selaput lendir bahkan rambut. Selain itu alergen bisa terdapat dalam makanan atau cuaca yang mempengaruhi tubuh penderita.

Dengan demikian, penderita radang selaput mata karena alergi memiliki riwayat kontak terhadap suatu alergen. Biasanya tidak disadari oleh penderita.

Dengan perkatan lain :
1. Penderita pernah kontak dengan zat kimia apa saja yang menyentuh tubuhnya. Contohnya : Jenis Sabun yang tidak biasanya. Jenis kosmetik dengan merk baru yang tidak biasa. Tidak jarang jenis kain baju yang menimbulkan sensitivitas.
2. Penderita makan sesuatu yang tidak disadari menimbulkan alergi. Misalnya dalam makanan mengandung udang yang merupakan alergen bagi penderita.
3. Penderita sensitif pada suatu lingkungan, misalnya tempat berdebu, tempat yang dingin.

Gejala radang selaput mata karena alergi biasanya penderita mengeluh mata merah disertai rasa gatal yang sangat, disertai banyak keluar cairan jernih kental.
Selaput Mata merah karena alergi tampak pembuluh darah selaput mata melebar dengan arah dari kornea ke pinggiran mata.
Pada kelopak mata tampak jonjot jonjot merah, dengan permukaasn yang melebar. Bentuknya sangat khas, diantaranya berisi sel sel darah putih yang berperan dalam reaksi alergi.

Penanganan radang selaput mata karena alergi yaitu diberikan obat mata untuk mengatasi alerginya, bila perlu dengan obat per oral.
Yang lebih penting adalah mencari penyebabnya, penderita mengetahui alergen dengan jalan mengamati, sebelum timbulnya gejala atau allergen yang menyebabkan timbulnya penyakit yang berulang.
Bila tidak didapatkan harus dilakukan test terhadap alergi, patch test.

Dengan mengetahui substansi alergen, penderita dapat terhindar dari timbulnya radang di selaput mata.

vertex island

Tidak ada komentar: