Rabu, 29 September 2010

BEIJING, sekilas

Ternyata Kota Beijing begitu maju dan modern.
Beijing, juga dikenal sebagai Peking, adalah ibu kota dan kota terbesar kedua Cina. Luas Beijing sekitar 16.000 km persegi, dan memiliki lebih dari 7,5 juta orang, merupakan kota yang padat penduduk.
Mereka berbahasa China dialek Beijing sebagai standar Mandarin. Bahasa yang sama sekali tak dapat kumengerti satupun. Selain Wo Ai Ni,Ni Ai Wo.

Beijing memiliki empat musim, tidak seperti di Indonesia. Kebetulan sesampainya di Beijing disambut hujan rintik dan dingin..

Tiba di Beijing untuk mengikuti semiana APAO. Seminar bagi dokter Spesialis Mata se Asia Pasifik> Bertempat di Gedung Convention Hall International di kompleks pernah digunakan Olimpiade. Kota ini pernah menjadi tuan rumah Olimpiade 2008. Di dalam kompleks ini banyak gedung / bangunan sarana olah raga dengan arsitetktur modern dengan tampilan yang menawan. Arsitektur stadion berbentuk seperti sarang, sangat mudah dikenal.

Beijing diakui sebagai pusat politik, pendidikan, dan budaya dari Republik Rakyat Cina,sebagai "salah satu kota besar dunia," terkenal karena Istana mewah, kuil dan Dinding tembok besar

Jalan jalan di kota Beijing sangat lebar bahkan satu arah dapat menampung 3-4 lajur kendaraan. Jalan terawat baik, dengan penunjuk arah yang jelas bertuliskan huruf Kanji dan Latin. Pinggiran jalan tertata rapih pohon pohon yang tidak begitu rindang, terpelihara, sehingga tampak bersih.

Sektor otomotif booming dalam beberapa tahun terakhir, sehingga jalanan kota selalu dipadati kendaraan. Tampak banyak menggunakan sedan VW, Audi dan lainnya. Namun dikota ini tidak terdapat sepeda motor, karena jenis ini hanya diizinkan beroperasi diluar kota Beijing. Untuk mengurangi polusi udara, sepeda banyak dijalanan bahkan banyak yang dilengkapi motor listrik.

Jumlah mobil yang terdaftar di Beijing peningkatannya dari tahun ke tahun hampir mencapai 20%. Di Beijing harga kendaran jauh lebih murah dibandingkan di Indonesia, namun biaya pengurusan surat surat kepemilikan yang tinggi mencapai dua kali lipat harga mobil. Toh jalan di Beijing dipadatai kendaraan yang bagus bagus. Lebih dari setengah penduduk memiliki kendaraan pribadi.

Real estat Beijing sejak tahun 2005, mengalami booming juga. Keluarga yang masih belum mandiri oleh pemerintah ditampung pada suatu bangunan rumah susun tersendiri. Pada apartemen ini terdapat RTnya yang membina dan memantau perkembangan kehidupan dan pendapatan keluarga tersebut. Keluarga yang masih belum mampu di Bantu oleh pemerintah untuk kehidupan standart, tempat tidur, sepeda, TV ( agar segala kebijakan dari pemerintah dapat diketahui). Bila sudah dinilai cukup memadai. Keluarga tersebut dipersilakan untuk meninggalkan apartemen tersebut. Untuk pindah ke perumahan yang lebih layak.

Beijing, diidentifikasi sebagai daerah bisnis baru di pusat kota, merupakan berbagai kantor pusat regional perusahaan, daerah pusat perbelanjaan, dan perumahan. Wangfujing adalah lokasi perbelanjaan utama. Sampai jam 10 malampun masih tampak ramai pengunjung memadati sepanjang jalan pertokoan.

Beijing juga dikenal sebagai pusat barang bajakan apapun dari pakaian, DVD, komputer terbaru dapat ditemukan di seluruh kota dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan aslinya.
Begitu murahnya Black Berry Hanya 1,2 juta dirupiahkan. Iped Mac hanya 1.7 Juta. Kami serombongan melihat produk tersebut di Hotel, namun tidak ada seorangpun membeli. Masih belum yakin kinerjanya, padahal murah lho..

Pertanian dilakukan di luar daerah perkotaan Beijing, dengan tanaman utama : Sayuran. Sayuran juga tumbuh di dekat perkotaan dalam rangka memasok bahan makanan di kota. Petani hidup subur, mereka banyak memiliki uang. Sehingga petani tetap betah tidak berurabanisasi ke perkotaan.

Perkembangan dan perluasan daerah Beijing terus berlanjut dengan kecepatan tinggi. B

Aku dapat mengunjungi tempat-tempat yang menarik:.

Di Beijing terletak Kota Terlarang, kompleks Istana besar, rumah kaisar dari dinasti Ming dan Qing; Kota Terlarang merupakan Museum Istana, yang berisi koleksi seni kekaisaran Cina, beberapa kebun dan taman kekaisaran.

Tiananmen Square,terletak tepat di seberang Kota Terlarang, ada beberapa situs penting, seperti Tiananmen, Balai Agung Rakyat, Museum Nasional Cina, Monumen Pahlawan Rakyat.
Di Tiananmen Square, tampak ratusan orang duduk bersimpuh, berdoa, mengenang saudara mereka yang meninggal pada saat peristiwa Tiananmen

Di antara situs agama paling terkenal di kota ini adalah Temple of Heaven, yang terletak di tenggara Beijing di mana kaisar dinasti Ming dan Qing melakukan kunjungan untuk upacara tahunan doa ke Surga.

Terletak makam di pinggiran kota Beijing pada suatu bukit. Makam ini terlatak dibawah tanah, kita harus melalui 9 tingkatan ruang dibawah tanah.Terdapat makam Tiga belas dari Dinasti Ming, lokasi pemakaman mewah dan rumit dari tiga belas kaisar Ming.

Masalah makan sering timbul, bagi kita biasa makanan dengan rasa bumbu yang enak. OOh di Beijing disajikan dengan tanpa rasa asin, tanpa rasa manis. Memang dianjurkan membawa kecap sendiri, abon. Baru makan lancar... Ingat bagi muslim, banyak makanan mengandung IBAB.
Sebagai tip, masuk ke dalam restoran: Dianjurkan jangan masuk ke dalam toilet dahulu, karena rata rata memiliki bau wangi yang sangat mengganggu selera makan, walaupun restoran mewah.

Transportasi di Beijing
Dengan reformasi ekonomi, Beijing telah berkembang sebagai pusat transportasi penting di Republik Rakyat Cina menggunakan kereta api. Beijing telah lama menjadi pusat kereta api terbesar di Cina. Diantaranya ada jalur kereta api dari Beijing ke Shanghai.

Beijing South Railway Station kembali dibuka pada bulan Agustus 2008, dan berfungsi sebagai terminal Beijing untuk kereta api berkecepatan tinggi. salah satu layanan kereta api penumpang reguler tercepat di dunia, kereta berkecepatan tinggi. Kereta Internasional ini ke kota-kota di Mongolia, Rusia, Vietnam dan Korea Utara, semua dijalankan melalui Beijing.
Ingin juga sekali naik kereta berkecepatan tinggi di China seperti Shinkansen.
wush... Wush......

Tidak ada komentar: