Selasa, 17 Agustus 2010

KACA MATA BACA PROGRESIF YANG IDEAL

Kaca mata progresif, jenis kaca mata baca yang memiliki multi focus pada satu lensa. Nama progresif dibuat oleh salah satu merek dagang. Dengan menggunakan lensa progresif berguna untuk penglihatan jauh , sedang dan dekat.

Kaca mata progresif memiliki batas lensa yang tidak tampak antara focus untuk melihat jauh dan dekat, tidak seperti lensa bifokus.
Batas lensa tidak jelas ini dikarenakan multi fokus, fokus lensa bergradasi dari fungsi lensa untuk jauh ke penglihatan dekat.

Dengan adanya kekuatan dioptri yang bergradasi inilah, maka jenis lensa progresif mampu untuk melihat penglihatan sedang.

Contoh. Kaca mata progresif pak Burhan 63 tahun. Untuk penglihatan jauh 0.00, untuk membaca +3.00.
Maka pek Burhan dapat melihat obyek jarak jauh dengan menggunakan lensa 0.00 ( bagoan atas lensa). Dapat membaca Koran berjarak kurang lebih 30an senti. Selain itu dapat melihat dengan nyaman obyek berjarak sedang, misalnya monitor computer atau dasbor mobil.

Penglihatan jarak sedang ini disebabkan Kemampuan mata untuk menyesuaikan fokus penglihatan sedang diantara ke dua titik focus jauh dan sedang.

Sering timbul keluhan pening, sakit kepala pada penggunaan kaca mata progresif. Mereka mengeluh Kaca mata progresif, mana harganya lebih mahal tetapi belum tentu sesuai untuk dipakai.

Untuk itu perlu diperhatikan beberapa faktor yang perlu di perhatikan :

1. Membuat Kaca mata progresif letak titik fokus pada lensa harus tepat. Berbeda 2 mm saja sudah menimbulkan ketidak nyamanan kaca mata.
2. Kaca mata progresif memiliki berbagai macam tipe yang membedakan luasnya lapang pandang. Semakin luas lapang pandang tipe lensa Kaca mata progresif, semakin cepat mata kita untuk menyesuaikan.
3. Kaca mata progresif sebaiknya harus memperhatikan bentuk frame yang akan dipakai. Jangan berbentuk frame model Riben.
4. Bila memilih frame kaca mata yang tidak lebar ( Sekarang kebanyakan model frame kaca mata kecil ) pilihlah lensa kaca mata progresif yang sesuai. Biasanya jenis Short Corridor.
5. Frame Kaca mata progresif harus nyaman dipakainya, nouse pad tidak terlalu menjepit hidung atau terlalu longgar. Nouse pad akan berpengaruh pada jarak lensa terhadap mata.
6. Lengkungan Gagang kaca mata jangan terlalu panjang, kaca mata akan mudah melorot kebawah, sedangkan bila terlalu pendek akan terasa telinga seperti ditarik.
7. Disarankan untuk membuat Kaca mata progresif di optik yang kompeten. Bisa bertanggung jawab bila terdapat kesalahan untuk dapat memperbaikinya. Harga Lensa progresif lebih mahal. Oleh karena itu pilihlah optik yang meyakinkan dan terjamin.


vertex island

1 komentar:

jasalaporankeuangan mengatakan...

tks dokter, blog nya cukup informatif terutama u sy yg mbutuhkan kcmata progresif. Pertanyaan sy: ada bbrp merek lensa progresif d pasaran, adakah saran u yg baik n ekonomis. Tks.tks dokter, blog nya cukup informatif terutama u sy yg mbutuhkan kcmata progresif. Pertanyaan sy: ada bbrp merek lensa progresif d pasaran, adakah saran u yg baik n ekonomis. Tks.