Sabtu, 07 Agustus 2010

MATA BERKEDIP, KEDIP MATA

Mata berkedip pada anak sering dikeluhkan oleh orang tua. Semakin ditanyakan mengapa berkedip kedip dan melarangnya. Kedipan anak malahan semakin sering.
Sehingga orang tua tidak jarang memeriksakan anaknya ke dokter mata untuk keluhan tersebut.

Mitos yang ada di masyarakat tentang mata berkedip pada anak, sering orang tua menanyakan apakah anaknya menderita cacingan?
Mitos ini masih melekat, yach mungkin dianalogikan cacing sering berkedip atau seperti cacing kepanasan ?!!

Mata berkedip merupakan tick ( saradan ), kebiasaan yang dimulai dengan rasa gatal yang tidak jelas kemudian disusul timbulnya kenyamanan yang tanpa disadari.dengan cara mengedipkan mata.

Mata berkedip pada anak gejalanya hampir sama dengan seringnya mengisap jempol atau ngompol. Gejala ini sebagai kelainan psikis pada anak yang diekspresikan sebagai kelainan.
Kecemasan pada anak umumnya tidak tampak dan rupanya anak masih sulit untuk mengungkapkan kepada orang tuanya. Kecemasan yang belum terungkap inilah yang menyebabkan pengalihan timbulnya gejala tersebut.

Sebagai contoh Mata berkedip pada anak, bila ditanyakan ternyata waktu akhir tersebut ia memiliki adik lagi. Yang memungkinkan perhatian ibu terhadap anak dialihkan.
Mata berkedip pada anak juga sering timbul akibat rasa kehilangan sesaat orang tua, misalnya ayahnya bertugas dinas luar, rasa kehilangan padahal anak biasa mendapat perhatian setiap hari.

Mata berkedip pada anak cepat di sembuhkan bila kita telah mengetahui penyebab timbulnya kecemasan.
Pada dasarnya adalah Berikan perhatian yang lebih dari biasanya, perlu kerja sama kedua orang tua, baik ayah dan ibunya untuk memperhatikan sejak bangun tidur, berangkat sekolah, waktu orang tua pulang kerja, cara belajar, bermain dsb.

Dengan perhatian terhadap anak, kecemasan kecemasan yang ada akan terkikis dan segera gejala pun hilang.

Lain halnya kedip mata pada orang dewasa, kedipan mata dengan mudah akan hilang segera, bila mata lawan jenisnya segera berlalu.

vertex island

1 komentar:

poetry is my life mengatakan...

Cara penyembuhan lewat terapi atau obat bagaimana ya Dokter? apa saya harus bawa ke dr. spesialis mata atau dr. spesialis apa?