Selasa, 17 Agustus 2010

Sang Merah Putih, berkibarlah selama lamanya

Berkibarlah benderaku ………..
Merah putih Gagah perwira …………….
Aku hormat, aku bangga memilikimu …….. dan kan kupertahankan selama hayat masih di kandung badan……..

Dalam selintas aku baru sadar betapa hormat dan bangga terhadapmu sang Merah putih. Sang Merah Putih berkibar, tegak, wibawa ketika ku melewati kantor perwakilan asrama haji di salah satu jalan di Mekah.
Sang Merah Putih begitu indahnya ketika ku melewati kantor Kedutaan Indonesia di Jepang.

Kali pertama itu aku merasakan rasa bangga melihat kibaran bendera sang Merah Putih karena di tempat asing yang jauh dari tempat tinggalku. Seolah berkibar meneriakkan Indonesia Merdeka… Merdeka….Merah Putih untuk mengambil bagian dalam kancah perdamaian Internasional.

Lihatlah kawan, pada saat di negeri sendiri. Sang Merah Putih setiap tanggal 17 seolah olah dikibarkan dengan hidmat namun sudahkah memberkas setitik rasa bangga, hormat dan begita indahnya dalam sanu bari sebagai warga negara Republik Indonesia ?

Lihatlah kawan, Sang Merah Putih berkibar di depan SD Negeri di suatu desa di bukit nun jauh dari kota. Sang Merah Putih berkibar seoah olah meneriakkan Kami anak anak Negeri penerus Bangsa yang ingin tetap mempertahankan Negera Kesatuan RI.

Lihatlah kawan. Pada saat negeriku akan mempersiapkan peringatan Hari Kemerdekaaan RI. Bendera Merah Putih dipajang dijajakan oleh pedagang keliling penjual bendera. Tanpa mengetahui arti bendera, lambang Negara yang patut dihormati. Digantung berjejer pada seutas tali. Tidak tahu dan seolah tak ingin tahu bahwa bendera harus tegak berkibar pada tiangnya.

Tak ada satu aparatpun yang peduli memperingatkan. Nah dari pada menunggu aparat.. Lebih baik dari kita yang tahu untuk memperingatkan sebagai warga negara yang baik.

Aku teringat saat masih mahasiswa, ketika ujian oleh Almarhum Prof Drg Mustopo. Saat memasuki ruangan beliau dimana terdapat Bendera Merah Putih terletak dipojok.
Apa yang harus kulakukan? Beliau memperingatkan agar melakukan penghormatan terhadap bendera Merah Putih. Badan Siap Tegak, lengan dikepalkan, hormat bendera… grak!

Jayalah Indonesia. Merdeka… Merdeka…. Berkibarlah benderaku Merah Putih…….


vertex island

Tidak ada komentar: