Jumat, 26 Maret 2010

MENCEGAH PENULARAN KONYUNGTIVITIS

Dalam mingu minggu ini tampak peningkatan tersebarnya penyakit mata merah yang disebabkan KONYUNGTIVITIS.

Konyungtivitis, mata menjadi merah karena terjadi peradangan pada selaput lendir mata {konyungtiva) di bagian dalam kelopak dan selaput bola mata.
Pembuluh darah pada konyungtiva ini tampak bertambah banyak dan melebar. Air mata bertambah banyak kadang kadang disertai pembengkakan kelopak mata.

Konyungtivitis ini disertai keluhan gatal, pegal, silau dan terasa mengganjal seolah olah terdapat benda asing di dalam mata.

Penyebab konyungtivitis adalah virus yang sangat mudah menyebar,terutama disuatu kelompok pertemuan atau anak anak di sekolah.

Penularan konyungtiva dapat secara langsung atau tidak langsung. Langsung artinya, kalau kita menyentuh mata yang sedang sakit, tangan kita mengandung virus penyebab kemudian kita menempelkan jari tersebut ke dalam mata. Maka mata kita dapat langsung tertular.

Sedangkan tidak langsung contohnya adalah bila tangan penderita memegang mata yang telah mengandung virus, kemudian memegang benda benda sekitarnya, misalnya kursi atau meja. Benda tersebut tersentuh oleh orang lain, kemudian mengosok gosokkan tangannya ke mata. Maka akan terjadi penularan terhadap orang tersebut.

Berkembangnya konyungtivitis ini di percepat dan diperberat terutama bila penderita keadaan umum tubuhnya sedang dalam keadaan rendah, misalnya kurang tidur, kelelahan, makan tidak teratur atau sedang pilek batuk.

Untuk itu perlu pencegahan konyungtivitis sebagai berikut :

1. Jauhi penderita yang sedang menderita konyungtivitis.
Ini misalnya di suatu kelompok atau di sekolahan, menyarankan agar penderita segera dipulangkan dan segera diobati.
Kalau penderita konyungtivitis terdapat di dalam keluarga, disarankan jangan tidur berdekatan dahulu dengan penderita.

2. Hindari tangan kita untuk menyentuh mata kita sendiri. Karena kita tidak tahu benda apa saja yang telah terkontaminasi oleh penderita.

3. Kalau kita merasa telah bersentuhan dengan tangan penderita misalnya bersalaman. Segeralah mencuci tangan kita sampai bersih menggunakan sabun.

4. Hindari atau sebaiknya tidak melakukan menggunakan obat penderita. Semula tujuannya untuk mencegah malahan menyebabkan konyungtivitis, diakibatkan pada botol obat tersebut mengandung virus yang siap menyebar.

5. Disarankan untuk penderita konyungtivitis, agar setelah memegang mata yang sakit atau setelah mengobati mata yang sakit agar segera mencuci tangan sampai bersih dengan sabun agar tidak menyebarkan penyakit.

vertex island

Tidak ada komentar: